SEJARAH HARI KEBANGKITAN NASIONAL , YANG JATUH tanggal 20 Mei 2016

siaran langsung indonesia vs malaysia
detiklampung.com

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2016

Susutergadget.com – Sejarah Hari Kebangkitan Nasional YANG JATUH tanggal 20 Mei 2016 . tahukah anda saat ini ,Jumat 20/5/2016 merupakan peringatan hari besar di tanah air Republik Indonesia ? jika tidak mari simak ada apakah di hari ini . bertepatan dengan hari ini ternyata pas dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan sudah sepatut nya kita bernostalgia dan menggali kembali sejarah nya yang tentu saja penting bagi kita generasi masa kini .

Sejarah Hari kebangkitan Nasional : diambil dari nama nya saja sudah ketahuan secuil makna dari Hari kebangkitan Nasional , tentu saja didahului dengan belum kokoh nya , belom bersatu nya masayarakat pada zaman penjajahan dulu sehingga makna bangkit mampu disematkan usai adanya sebuah pergerakan besar besaran melawan penjajah dengan lebih terkoordinir dan serentak sehingga mampulah bangsa ini berangsur angsur keluar dari penjajahan Belanda maupun Jepang saat itu .

Makna Hari Kebangkitan Nasional sendiri bisa mengacu kepada Masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. dandiambilnya tanggal 20 mei ternyata bertepatan dengan berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) . dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928)menjadi momen besar lainnya dalam masa kebangkitan .

Tokoh tokoh yang berpengaruh dalam masa kebangkitan nasional ada banyak ,senut saja sedikit disini seperti Sutomo , Ir. Soekarno , Dr. Tjipto Mangunkusumo , Raden Mas Soewardi Soerjaningrat / Ki Hajar Dewantara) , dr. Douwes Dekker dll .

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional , sekian sedikit galian informasi yang dapat kami sampaikan disini bertepatan dengan tanggal 20 mei 2016 .

Leave a Reply