Nokia akan produksi Smartphone Android & Tablet

Nokia akan produksi Smartphone Android
Nokia Mulai Disingkirkan (foto: doi-toshin)

Nokia akan produksi Smartphone Android & Tablet

SusterGadget.com – Nokia akan produksi Smartphone Android & Tablet . Sebuah perusahaan bernama Foxconn baru saja membeli divisi feature phone Nokia dari vendor Microsoft seharga USD350 juta. Hal ini dilakukan untuk memberikan kabar kepada para penggemar produk Nokia bahwa pihaknya akan kembali memproduksi smartphone dan juga tablet.

Kesepatakan antara Foxconn dan Microsoft ini terlah terjadi pada hari Rabu yang lalu dengan tujuan untuk mengembalikan nama Nokia di pasar global. Pasalnya, banyak diketahui saat ini bahwa pasar global tengah dikuasai oleh vendor Apple dan Samsung, bahkan akhir-akhir ini muncul banyak vendor baru yang juga merupakan pesaing kuat.

Dalam lancarnya usaha ini, pihak Foxconn bekerja sama dengan HMD Global yang merupakan sebuah perusahaan swasta asal Finlandia. Secara terpisah, Foxconn dan HMD global juga telah melakukan perjanjian dengan pihak Nokia untuk masalah lisensi merk smartphone dan tablet baru.

Dengan adanya transaksi ini, Foxconn menguasai sekitar 4.500 pekerja divisi tersebut dan sebuah fasilitas manufaktur di Vietnam. Selain itu, Foxconn akan menyuntikkan dana USD500 juta sebagai modal produksi smartphone berbasis Android yang rencananya akan rilis akhir tahun ini. Chief Executive HMD Global menyatakan bahwa model bisnisnya berpusat pada aset unik yang selama ini dimiliki oleh Nokia.

Sebenarnya, Nokia pernah berencana untuk kembali ke pasar smartphone sebelumnya dengan kembali memproduksi smartphone berbasis Android pada tahun 2013 lalu. Namun, rencana ini harus berhenti karena beberapa alasan tertentu. sumber

Leave a Reply