Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H (Lebaran Jatuh Tanggal 6 Juni2016 )

Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H
komda-fsh.blogspot.com

Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H (Lebaran Jatuh Tanggal 6 Juni2016 )

Sustergadget.com – Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H (Lebaran Jatuh Tanggal 6 Juni2016 ) . Bulan Ramadhan akan segera berakhir, pastinya kita semua merasakan sedih dan senang. Sedih karna kita akan segera berpisah dengan bulan yang penuh Barokah ini.

Hasil Sidang Isbat sendiri diperkirakan 1 syawal tidak jatuh pada hari ini 4 Juli 2016 melainkan besok Selasa 5 Juli 2016 menjelang maghrib . Hal tersebut dipengaruhi sejumlah faktor diantaranya ialah belum nampaknya hilal dengan syarat sah nya  . Bersuka cita pula karna lebaran sudah didepan mata, dengan harapan kita semua dapat menjadi manusia yang kembali fitri. Di akhir-akhir bulan Ramadhan kali ini pasti nya sudah banyak yang bertanya-tanya kapan sih hari lebaran tiba?

Ditahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya dalam penentuan 1 syawal. Pemerintah  akan melakukan sidang isbat yang akan dilaksanakan Senin 4 Juli 2016. sidang isbat akan dilakukan secara tertutup di auditorium HM. Rasjidi Jl. MH Thamrin no 6 jakarta. seperti yang diugkap kan Muhammad Thamrind, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar).

Dalam Sidang Isbat kali ini Menag akan menggunakan 2 metode yaitu Metode Hisab dan Rukyat. Sidang isbat akan dihadiri oleh beberapa Ormas islam dan para Duta Besar Negara-negara Sahabat.

Sidang Isbat akan dimulai 17:00 WIB, Keadaan tentang posisi Hilall akan dipaparkan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama. dijadwalkan akan berlangsung seusai sholat Maghrib, setelah diperoleh laporan tentang hasil Rukyatul Hilall yang dipantau di beberapa titik di Indonesia.

Setelah itu Hasil dari Sidang Isbat akan diumumkan melalui Konferensi Pers secara terbuka yang akan dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Mari kita tunggu saja hasil dari sidang sore ini sembari kita memperbanyak amal ibadah di hari-hari terakhir bulan Ramadhan Tahun ini. semoga kita masih dipertemukan dengan Bulan yang indah ini  ditahun tahun berikutnya.

Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H 2016 hilal berada dibawah 1 derajat bahkan minus dibawah Uful sehingga hari ini masih dilaksanakan sholat tarawih .

Leave a Reply