Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Parigi Sulawesi Tengah Pagi Hari Ini

Gempa parigi
bmkg.go.id

Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Parigi Hari Ini

SusterGadget.com – Gempa Parigi Sulawesi Tengah Pagi Hari Ini berkekuatan 3,5 SR . Sebuah gempa bumi susulan terjadi lagi di Sulawesi tengah yang dirasakan di wilayah Parigi pagi ini . Gempa terjadi Kamis , 8/9 sekitar pukul 09.21 WIB tadi pagi dan dirilis data lengkap nya di situs BMKG . Pada malam Sebelumnya di wilayah ini juga mendapatkan efek getaran gempa bumi yang terjadi pada Rabu malam , 7/9 sekitar pukul 21.32 wib .

Gempa Parigi sebelumnya dirasakan hingga Palu , Sausu dan Donggala dengan kekuatan 5,1 SR . Pusat gempa tersebut berada di Laut 51 km Tenggara Palu dengan kedalaman 10KM . Sedangkan gempa hari ini di Parigi pusat gempa berada di darat 17 km Selatan Parigi dengan kedalaman 19 KM .

Intensitas gempa yang dua kali terekam data BMKG dan dirasakan penduduk tersebut dikabarkan merupkaan aktivitas patahan yang memang aktiv . Sulawesi sendiri merupakan salah satu dari banyak pulau besar di Indonesia yang berpotensi sering diguncang gempa bumi .

Banyak nya gunung dan dtaran alam di wilayah Sulawesi tersebut menggambarkan bukti nyata, Pulau Sulawesi adalah pulau yang berada tepat diatas patahan aktif plat Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Jadi tidak heran lagi jika Sulawesi terjadi gempa bumi besar maupun kecil , nyatanya pulau ini pun salah satu dari wilayah Indonesia yang juga rawan gempa bumi . Itulah sedikit informasi mengenai gempa bumi yang terjadi di Parigi Sulawesi tengah Kamis , 8 September 2016 .

SHARE

Leave a Reply