Jadwal Puasa Idul Adha 2016 : Bacaan Niat Dan Keutamaan Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

keutamaan puasa arafah
republika.co.id

Jadwal Puasa Idul Adha : Bacaan Niat Dan Keutamaan Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

SusterGadget.com – Jadwal Puasa Idul Adha 2016 : Bacaan Niat Dan Keutamaan Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah . Bagi mereka yang belum atau tidak berangkat Haji mengerjakan amalan ini tentu ada fadhilah nya tersendiri . Beruntung sekali kita yang dapat menjumpai kembali bulan mulia tahun ini . Dan inilah tata cara dan niat untuk menjalankan puasa sunnah yang orang menyebutnya puasa idul adha tersebut .

Puasa Idul Adha . Sebenarnya puasa Arofah bukan lah tepat disebut puasa Idul Adha pasalnya hari dimana ketika dijalankan sebelum Idul Adha . Idul Adha sendiri jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah , sedangkan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah .

Dibalik pelaksanaan puasa arafah itu sendiri bersamaan dengan ibadah wukuf di padang arafah yang dilaksanakan oleh para jamaah Haji di bumi Makkah al mukaramah .

Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)

Bacaan Niat Puasa Arafah bisa anda baca dibawah ini juga dapat disimpan dalam tulisan agar bermanfaat di kemudian hari .

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Latin : Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta’ala

Arti : Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’al

9 Dzulhijjah jatuh pada hari Minggu ,11/9/2016 .

 

SHARE

Leave a Reply