Ini Dia, Tiga Tablet Murah dari Toshiba

Ini Dia, Tiga Tablet Murah dari Toshiba
Ini Dia, Tiga Tablet Murah dari Toshiba (foto : kompas)

Beberapa waktu ini, Toshiba baru saja mengumumkan keberadaan dari ketiga jagoannya di kelas Tablet PC. Ketiga tablet Toshiba ini dibandrol cukup murah, yaitu berkisar antara US$ 110 hingga  US$ 270 (sekitar 3,1 jutaan). Dari ketiga tablet jagoan Toshiba tersebut, dua diantaranya menggunakan OS berbasis Windows dan satunya lagi menggunakan OS berbasis Open Sources dari Google, yaitu Android.

Toshiba Encore yang berbasis Windows, mempunyai ukuran layar 8 dan 10 inch. Sedangkan Excite Go, menggunakan sistem operasi Android, mempunyai layar 7 inch, dan dibanderol dengan harga USD 110 atau sekira Rp 1,3 juta.

Spesifikasi kedua seri Encore relatif sama, diotaki oleh prosesor quad core Intel Atom, dengan resolusi layar 1280×800. Versi 8 inch dijual dengan harga lebih murah dibanding versi 10 inch, yaitu USD 200. Sedang versi 10 inch dijual dengan harga USD 270.

Seperti yang dikutip dari PhoneArena, Toshiba Excite Go adalah yang paling menarik dibanding dua tablet lainnya, karena dijual dengan harga sangat murah, yaitu Rp 1,3 juta dan sudah menjalankan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Tablet ini juga menggunakan prosesor quad core Intel Atom, yang diklaim oleh Toshiba bisa bertahan hingga delapan jam pemakaian. Kekurangan dari tablet murah ini adalah resolusi layarnya yang kecil, 1024×600. Internal storage-nya pun hanya 8GB, namun bisa ditambah melalui microSD.

Tablet jagoan Toshiba tersebut direncanakan akan meluncur di pasaran mulai Juli nanti. Belum ada informasi, apakah tablet ini akan masuk pasar Indonesia. Namun mengingat jarangnya Toshiba memasukan tablet PC-nya ke pasar tanah air, tampaknya kemungkinan ia akan hadir di Indonesia sangatlah kecil.

Leave a Reply