Fitur Split-Screen Multitasking Benar-Benar Ada di iOS 8?

Fitur Split-Screen Multitasking Benar-Benar Ada di iOS 8?
Fitur Split-Screen Multitasking Benar-Benar Ada di iOS 8? (foto: antozone)

Ada begitu banyak rumor dan spekulasi yang beredar mengenai fitur dan aplikasi yang akan hadir bersama iOS 8 menjelang pagelaran WWDC 2014 lalu. Sebagian memang terbukti benar, namun tidak semua spekulasi tersebut hadir seperti yang diharapkan. Salah satu fitur yang banyak dibicarakan dan ditunggu konsumen adalah fitur split-screen multitasking. Meskipun fitur ini sama sekali tidak diumumkan pihak Apple. Namun kebanyakan orang masih percaya, bahwa fitur ini sebenarnya memang ada. Belum lagi setelah muncul informasi yang mengatakan bahwa pada kode iOS 8, terdapat petunjuk yang mengarah kepada kehadiran dari fitur multitasking ini, dan fitur ini juga bekerja. Meskipun begitu, masih belum jelas apakah Apple akan benar-benar menghadirkan fitur ini atau tidak, pada software resminya yang diharapkan akan hadir 3 bulan mendatang.

Informasi mengenai keberadaan fitur ini sendiri datang dari Steve Troughton-Smith, yang mengaku telah menyisir seluruh kode di iOS 8 Beta, dan menemukan referensi yang mengarak ke fitur tersebut. Ia mengatakan bahwa Springboard (alias peluncur iOS homescreen) memiliki kode yang mengacu pada “main-screen-canvas-size” baru, yang mana akan memungkinkan dua aplikasi untuk berjalan pada satu tampilan layar yang sama. Kode tersebut memungkinkan untuk setiap aplikasi untuk mengambil lahan sebesar 50% atau setengah dari layar. Atau juga salah satu app mengambil 1/4 layar, sedangkan yang lain mengambil 3/4 dari layar. Selain itu, ketika menggunakan switcher multitasking, layar dengan dua aplikasi yang menjalankan multitasking akan muncul sebagai satu item dalam switcher.

Lebih dalam lagi, Througton-Smit menjelaskan mengenai spesifikasi ukuran layar yang akan diambil untuk setiap opsi. Dimana opsi 1/4 akan mengambil 341pt, 1/2 layar mengambil 512pt, dan 3/4 layar yang akan mengambil sebesar 682pt dan tentu saja totalnya adalah 1024pt sebagai layar fullscreen-nya. Dia juga berpendapat bahwa jendela aplikasinya nanti akan resizable, namun kemungkinan hanya untuk dimensi yang ditetapkan saja.

Kita tetap harus menunggu peluncuran resminya untuk memastikan fitur ini akan hadir atau tidak, namun rasanya mustahil jika Apple tidak menghadirkan fitur ini, mengingat kode-kode terkait fitur ini sudah terdapat pada iOS 8 versi Beta-nya.

SHARE

Leave a Reply