Samsung Siap Luncurkan Smartphone Android Bertenaga Intel?

Samsung Siap Luncurkan Smartphone Android Bertenaga Intel?
Samsung Siap Luncurkan Smartphone Android Bertenaga Intel? (foto: Sukatekno)

Sebagai salah satu vendor smartphone Android terbesar, selama ini Samsung dikenal selalu mengandalkan Qualcomm dan divisi Semikonduktor-nya sendiri (yang memproduksi chipset Exynos), sebagai suplayer untuk prosesor yang ia gunakan pada setiap handsetnya. Namun sebuah kabar mengejutkan kini datang dari situs asal Korea, yang mengatakan bahwa di akhir tahun ini, Samsung akan memperkenalkan smartphone bertenaga Intel.

Dilansir dari laman DDaily, chipset Intel tersebut merupakan chipset terbaru kembangan Intel, yaitu Intel Atom Z3500 (alias Moorefield), yang diperkenalkan Intel pada ajang MWC 2014 di bulan Februari lalu. Moorefield sendiri merupakan chipset yang mendukung arsitektur 64-bit dan memiliki 4 core clock yang mencapai 2.3GHz. Namun menurut sumber, Samsung tidak akan menggunakan core CPU melebihi 1.7GHz. Hal ini dilakukan demi menjaga ketahanan baterai dan menghindari kasus overheating.

Menurut web asal Korea tersebut, handset bertenaga Moorefield dari Samsung ini tidak akan hadir sebagai perangkat High-end. Namun tetap akan menggunakan sistem operasi Android tentunya. Mereka juga menambahkan, bahwa dalam upaya membujuk Samsung untuk menggunakan sang Moorefield, Intel sampai-sampai harus menurunkan harga jual dari chipset ini hingga $ 7, harga yang tidak terlalu jauh dari ongkos produksinya sendiri. Padahal biasanya, untuk sebuah chipset “premium”, harganya bisa mencapai lebih dari $ 20.

SHARE

Leave a Reply