Nokia Pernah Diperas Hingga Jutaan Euro Demi Amankan Symbian

Nokia Pernah Diperas Hingga Jutaan Euro Demi Amankan Symbian
Nokia Pernah Diperas Hingga Jutaan Euro Demi Amankan Symbian (foto: onenewspage)

Jauh sebelum era Windows Phone atau bahkan iPhone sekalipun, Nokia telah lebih dulu merajai lebih dari setengah pasar smartphone.

Smartphone Nokia saat itu, menjalankan sistem operasi Symbian, salah satu sistem operasi mobile paling canggih dan populer di masanya. Dilansir dari laman Phonearena, Dan pada tahun 2007, seorang yang tidak diketahui, berhasil mendapatkan kunci enkripsi os tersebut, dalam bentuk sebuah file berukuran kecil, yang hanya beberapa kilobyte saja.

Hingga kini masih belum diketahui, bagaimana sang hacker bisa mendapatkan kunci enkripsi tersebut. Namun yang pasti, ketika itu dia mencoba untuk memeras pihak Nokia. Ia meminta Nokia untuk memberikan tebusan sebesar jutaan euro, atau jika tidak, dia akan menyebar luaskan kunci tersebut. Nokia tentunya tidak ingin jika hal itu sampai terjadi, karena jika kunci enkripsi tersebut sampai menyebar, maka itu akan menjadi akhir dari Symbian, dan setiap malware dapat bebas mengacak-acak platform tersebut.

Akhirnya, karena tidak mau mengambil resiko, Nokia terpaksa menyerah dan bersedia membayar tebusan, dengan syarat mereka berjanji tidak akan menyebarkan kode enkripsi tersebut. Akhirnya pembayaran dilakukan, dan tentu saja pihak Nokia sudah waspada dengan didampingi pihak berwajib. Transaksi tersebut dilakukan di Tampere, Finlandia. Rencananya, polisi akan mengikuti sang tersangka ketika mereka mengambil tas tersebut. Namun sayang para pelaku berhasil mengelabui polisi, dan lari bersama uang jutaan euro. Hingga kini, kasus tersebut masih belum tuntas, dan misteri siapa dalang dibalik ini semua juga masih belum terungkap.

SHARE

Leave a Reply