Android dan Windows Phone Akan Ditanami Fitur “Kill Switch?”

Android dan Windows Phone Akan Ditanami Fitur
Fitur Kill Switch (foto: yahoo)

Pada hari Kamis (19 Juni 2014) kemarin, Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan fitur “Kill Switch” pada major build selanjutnya dari OS Android mereka. Dilansir dari laman Phonearena, Solusi perlindungan berbentuk “Factory Reset” ini dirancang untuk mengurangi inisiatif para pencuri untuk emncuri smartphone. Jika handset yang mereka curi mati, maka ia akan kehilangan harganya dan tidak akan menarik lagi untuk dicuri. Hal inilah yang sebenarnya penting, yaitu menghilangkan minat dai sang pencuri.

Hari ini, Microsoft juga mengumumkan akan menambahkan “Kill Switch” ke dalam Windows Phonw 8.1. Vice President Microsoft untuk Urusan Pemerintah AS, Fred Humphries, mengatakan bahwa perusahaannya akan menambahkan kemampuan pencegah-pencurian ini kedalam handset bertenaga Windows Phone 8.1, melalui pembaruan perangkat lunak. Pembaruan ini juga akan dikirim ke handset Lumia yang dibuat Nokia sebelum proses akuisi dilakukan.

Ketika Apple menambahkan fitur Activation Lock pada aplikasi Find My iPhone miliknya tahun lalu, ternyata fitur tersebut juga bekerja layaknya “Kill Switch”. Dan hasilnya juga cukup cepat terlihat. Dimana menurut sebuah reset, dalam lima bulan pertama tahun 2014, kasus perampokan dan pencurian yang melibatkan Apple iPhone turun sebesar 19%. Sedangkan pada kurun waktu yang sama, penyebaran perangkat iPhone di San Francisco menurun sebesar 38%. Begitu pula di London, kasus pencurian iPhone kini menurun sebesar 24% dalam 5 bulan pertama tahun ini.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa statistik inilah yang menarik Google dan Microsoft untuk bergabung bersama Apple, untuk membuat smartphone tidak menarik lagi bagi para pencuri.

SHARE

Leave a Reply