Google I/O: Sundar Pichai Kenalkan Program Android One

Google I/O: Sundar Pichai Kenalkan Program Android One
Sundar Pichai Kenalkan Android One (foto: SlashGear)

Proyek Silver yang sebelumnya dirumorkan akan dihadirkan Google tampaknya kini menjadi kenyataan. Sebuah program dengan tujuan serupa, yang dinamai Android One telah resmi diumumkan pada konverensi Google I/O. Dilansir dari laman GSMArena, Android One ini sendiri merupakan program yang mewajibkan setiap vendor yang bergabung dalam program ini, untuk membuat smartphone dengan spesifikasi hardware dan software yang sama/seragam, sesuai apa yang telah ditentukan Google.

Secara keseluruhan, setiap perangkat Android One dari berbagai vendor akan sama/mirip. Tanpa adanya sentuhan antar muka dari setiap vendor yang biasanya mereka gunakan untuk membedakan/mengunggulkan produknya, dari produk vendor lain. Sebenarnya Google masih membolehkan pihak vendor untuk menyertakan aplikasi mereka, namun dalam batas tertentu.

Keuntungan dari program ini sendiri adalah, bahwa setiap handset Android One akan selalu mendapatkan update Android terbaru.

Smartphone pertama yang bergabung dengan program Android One ini adalah smartphone buatan vendor asal India, Micromax. Salah satu vendor ternama di India. Namun kepala Android, Sundar Pichai juga mengatakan bahwa selain Micromax, beberapa vendor lain juga akan segera menyusul seperti Spice dan Karbonn.

Untuk spesifikasinya sendiri, Android One dari Micromax ini masih belum diketahui secara detail. Namun ia akan mendukung beberapa fitur yang dibutuhkan di India, seperti fitur dual-SIM, FM radio, kartu microSD, dan harga yang terjangkau, yaitu dibawah $ 100. Selain itu Pichai juga mengatakan bahwa handset ini harus memiliki layar dengan bentang 4,5 inci.

Leave a Reply