Pada Windows 9, Tampilan Desktop Akan Dihapuskan Dari Tablet

Pada Windows 9, Tampilan Desktop Akan Dihapuskan Dari Tablet
Windows 9 (foto: Adsizone)

Sejauh ini, kehadiran UI Metro/Modern pada Windows telah mengundang kontrofersi diantara para pengguna. Sebagian cukup menyukai tampilan Metro UI tersebut, sedangkan beberapa lebih menyukai tampilan desktop tradisional. Namun rumor yang beredar mengatakan bahwa Microsoft akan mendengarkan pendapat kedua belah pihak, dan menghadirkan solusi untuk masalah ini, dengan meluncurkan Windows 9 pada April 2015 mendatang.

Menurut laman Phonearena (01/06/2014), jika mengacu pada rumor yang saat ini beredar, kebanyakan pengguna PC tidak terlalu menyukai tampilan UI Modern dan lebih suka tampilan desktop tradisional. Sedangkan pada perangkat tablet atau perangkat lain dengan ukuran layar 10″ ke bawah, tampilan desktop tradisional tampaknya tidak terlalu fungsional, sehingga mereka lebih suka dengan tampilan Metro UI.

Untuk mengatasinya, kemungkinan Microsoft akan menggunakan tampilan Desktop tradisional sebagai default pada PC dan perangkat yang lebih besar, dengan memberikan pilihan kepada pengguna tentunya, apakah mereka akan mengaktifkan tampilan Metro UI atau tidak. Sehingga mereka yang tidak menyukai Metro UI tidak perlu melihatnya, atau merasa terganggu lagi. Sedangkan tampilan Metro UI yang lebih fungsional pada perangkat tablet akan dijadikan default untuk handset berlayar mini.

Selain itu, Windows 9 juga diharapkan dapat menggabungkan Windows RT dengan Windows Phone menjadi satu OS tunggal. Beberapa juga mengharapkan Microsoft dapat melepaskan sepenuhnya Office Touch Suite pada waktu yang sama. Karena Office Suite ini akan menjadi sangat penting pada perangkat tablet, jika UI tradisional benar-benar dihapuskan dari sang layar mini.

Masih cukup lama hingga Windows 9 dirilis, dan semua spekulasi tersebut juga masih sekedar rumor belaka. Namun jika hal ini diwujudkan, bukankah akan sedikit membantu, dimana pengguna tidak perlu lagi merasa tergangu dengan tampilan yang tidak mereka sukai. Dan alangkah baiknya jika pengguna dapat memilih, tampilan mana yang akan mereka gunakan. Apakah anda setuju?

Leave a Reply