Microsoft: Siap Gabungkan Semua Versi Windows Jadi Satu OS

Microsoft: Siap Gabungkan Semua Versi Windows Jadi Satu OS
Microsoft Akan Satukan Ketiga Versi Windows Kedalam Satu OS Tunggal? (foto: techspot)

Beberapa waktu terakhir ini, telah beredar rumor yang mengatakan bahwa versi Windows berikutnya yang diberi kodename Treshold, akan menggabungkan versi Windows Phone dan Windows RT menjadi satu OS tunggal. Namun CEO baru Microsoft, Satya Nadilla mengatakan bahwa rencana tersebut lebih ambisius daripada yang kami pikirkan, dan benar adanya, bahwa Microsoft saat ini sendang mecoba untuk menyatukan semua versi dari OS Windows menjadi satu OS tunggal.

Dilansir dari laman Phonearena (23/07/2014), selama berlangsungnya acara Microsoft earnings call hari ini, Nadella menyampaikan rencana umumnya, dengan mengatakan:

“Kami akan merampingkan versi berikutnya dari Windows dengan menyatukan ketiga versi kedalam satu OS tunggal, dengan dukungan terhadap semua ukuran layar. Kami juga akan menyatukan toko (store), bisnis (commerce) dan developer platform kami, demi memberikn pengalaman yang koheren terhadap pengguna dan memberikan kesempatann yang lebih luas bagi para developer.”

Nadella masih belum memberikan rincian yang lebih lengkap untuk rencana ini, namun ia mengatakan bahwa seluruh tim eginering di Microsoft kini telah bergabung dan akan berkonsentrasi untuk menghasilkan satu versi OS yang akan ditanamkan pada PC, Tablet, Smart Phone, dan bahkan XBox.

Ia juga menambahkan bahwa Windows Selanjutnya akan hadir dengan UI yang akan disesuaikan untuk setiap ukuran layarnya, dan versi universal app Development nya juga telah dirilis.

Pada dasarnya, rencana ini sendiri cukup mirip dengan apa yang dilakukan oleh Canonical dengan menyatukan semua versi dari Ubuntu baik untuk layar smartphone, PC, Tablet dan TV. Dan dengan menghadirkan universal app yang akan menyesuaikan diri dengan setiap ukuran layar dimana ia diinstal.

Untuk sementara ini, masih belum ada informasi detail, mengenai akan seperti apakah tampilan dari UI baru Windows. Namun mengingat beberapa rumor yang beredar belakangan ini, tampaknya ia akan menghadirkan UI metro untuk perangkat ponsel dan tablet, dan tampilan tradisional desktop di layar PC. Namun tampaknya, informasi ini juga akan segera menyebar, mengingat waktu rilisnya yang  cukup dekat, yaitu pada bulan April 2014 nanti.

Leave a Reply