Fitur Unggulan Google+ Akan Hadir Terpisah?

Fitur Unggulan Google+ Akan Hadir Terpisah?

Salah satu fitur unggulan yang dikatakan terbaik di Google+ kabarnya akan dihadirkan secara terpisah oleh Google. Fitur tersebut tidak lain adalah fitur pengelolaan foto pada Google+ yang nantinya akan hadir sebagai produk mandiri dan bukan bagian dari Google+ lagi.

Seperti yang dikatakan laman The Verge (04/08/2014), selain kana hadir sebagai produk terpisah, layanan pengelolaan foto yang sebelumnya merupakan bagian dari Google+ ini akan dapat diakses tanpa memerlukan akun Google sama sekali.

Sejak sebelumnya, Google+ memang telah diperkaya dengan berbagai fitur unggulan terutama yang berkaitan dengan pengolahan fotografi. Selain auto back-up yang akan secara otomatis memback-up koleksi foto di ponsel anda, ada pula fitur yang cukup terkenal di kalangan pengguna, yaitu fitur Auto Awesome yang menghadirkan kemampuan untuk secara otomatis menerapkan berbagai efek tertentu pada foto anda.

Salah satunya, ia dapat “merajut” beberapa foto kesayangan anda menjadi sebuah animasi sederhana dan meningkatkan kualitas gambar. Ada pula fitur Stories, yang akan mengumpulkan beberapa foto tertentu dalam sebuah album. Cara penampilan fotonyapun terkesan menarik, dimana ia akan menggunakan penanda lokasi dan waktu pada foto, sehingga rangkaian foto yang dihasilkannya tampak lebih bercerita.

Di sisi lain, keputusan untuk memisahkan layanan ini dikhawatirkan akan semakin menurunkan posisi Google+ di mata pengguna. Hal itu bukannya tanpa alasan, sebenarnya sudah sejak beberapa waktu lalu, kabar buruk mengenai Google+ telah berlalu lalang di dunia maya. Terutama sejak Vic Gundotra, pria yang disebut-sebut sebagai “bapak dari Google+” hengkang meninggalkan Google.

Entah langkah ini merupakan hal yang benar dan dapat menyelamatkan Google+ atau tidak. Atau justru merupakan langkah Google untuk perlahan mulai menyelamatkan berbagai fitur unggulan di Google+ sebelum Google+ benar-benar lumpuh nantinya. Yang pasti, hanya waktu, dan Google itu sendiri saja, yang dapat menjawabnya.

SHARE

Leave a Reply