Game Tidak Manusiawi, Bomb Gaza, DItarik Dari Play Store

Game Tidak Manusiawi, Bomb Gaza, DItarik Dari Play Store
Game Keji, Bomb Gaza Akhirnya Ditarik (foto: Google Play Store)

Sebuah game berjudul Bomb Gaza baru saja ditarik dari toko aplikasi resmi milik Google, Play Store setelah memicu banyak kritik dan kecaman dari berbagai pihak di Twitter.

Bagaimana tidak memicu kritik dan kecaman, game yang seolah mendukung tindakan tidak manusiawi yang dilakukan Israel ini, membawa para pemain untuk mengendarai kapal jet tempur Israel dan membombardir seluruh wilayah Gaza. Dan untuk mendapatkan poin, para pemain harus bisa melululantakan lokasi bom alias Gaza.

Dan tragisnya, game tidak bermoral yang diupload pada tanggal 29 Juli ini telah diunduh hingga 1000 kali. Dan jika anda lihat di bagian review, disana tertulis jelas, bahwa ada beberapa pengguna yang menganggap game ini menyenangkan, karena mereka serasa membunuh para penduduk Gaza tersebut dengan tangan mereka sendiri. Mengerikan bukan?

Jelas saja jika hal ini memancing konflik dan pertikaian di Twitter. Serta mengundang banyaknya kritik tajam dari para pengamat terhadap tindakan yang dilakukan Google, dengan membiarkan aplikasi seperti ini masuk ke Play Store.

Dan ternyata, aplikasi ini bukanlah satu-satunya, sebelumnya, sempat beredar game serupa yang berjudul Assault Gaza: Code Red, yang juga telah ditarik dari Play Store.

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana bisa aplikasi seperti ini hadir di Play Store?

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini telah membuktikan betapa keamanan di Google Play Store masih kalah jauh dengan App Store milik Apple, yang memang terkenal sangat ketat.

Namun kami memberikan apresiasi kepada Google karena telah dengan berani menghapus aplikasi ini dari Play Store, meskipun beberapa pihak masih belum puas, dengan pesan yang disampaikan Google yang berbunyi : “This app is no longer available on Google Play. We don’t comment on specific apps but we remove apps from Google Play that violate our policies.” Yang artinya, bahwa aplikasi tersebut sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store. Namun kami tidak ingin berkomentar pada beberapa aplikasi tertentu. Namun kami menghapus App ini, karena App ini melanggar kebijakan kami.

Soal melanggar kebijakan, memang sudah jelas bahwa aplikasi game ini melanggar ketentuan yang diterapkan Google, yang bahkan tercantum pada Developer Program Guid. Bahkan bisa dibilang bahwa isi keseluruhan dari game ini merupakan pelanggaran, terutama pelanggaran moral, arena telah berani mengangkat konflik yang saat ini terjadi di negara Timur Tengah secara blak-blakan, serta menunjukan diri atas dukungan terhadap salah satu pihak.

Adapun beberapa pelanggaran yang dikaitkan dengan game ini diantaranya adalah:

  • Kekerasan dan Bullying: Penggambaran kekerasan serampangan tidak diperbolehkan. Aplikasi harus tidak mengandung bahan-bahan yang mengancam, melecehkan atau menggertak pengguna lain.
  • Seruan Kebencian: Kami tidak mengizinkan konten advokasi terhadap kelompok-kelompok orang berdasarkan ras, asal, etnis, agama, kecacatan, jenis kelamin, usia, status veteran, atau orientasi seksual / identitas gender.

Game berjudul Bomb Gaza tersebut telah jelas melanggar ketentuan. Maka Mengapa mereka bisa lolos kualifikasi Google? Hal ini dengan jelas telah menggambarkan betapa lemahnya keamanan dan perlindungan di Play Store.

Berbeda dengan App Store milik Apple, dimana kasus seperti ini tidak pernah terjadi. Karena itu, tampaknya seruan yang lebih serius harus diutarakan, agar hal memalukan seperti ini tidak kembali terulang.

SHARE

Leave a Reply