Waspada Scam! Mengubah Tema Facebook? Jangan Percaya!

Waspada Scam! Mengubah Tema Facebook? Jangan Percaya!

Sebuah tipuan tua di Facebook, kini kembali mencuat ke permukaan. Dengan berkedok aplikasi yang mampu mengubah tampilan muka (UI) di akun Facebook pengguna, aplikasi ini sebenarnya merupakan scam belaka yang akhirnya akan membuat sang pengguna menginstal sebuah malware pada PC mereka yang akan secara diam-diam mengizinkan komputer lain untuk terhubung dalam jaringannya. Dan tebak, komputer lain itu tak lain adalah milik sang hacker.

Kondisi tampilan Facebook yang selalu biru, memang terkadang membuat kita sebagai pengguna merasa bosan dan jenuh, sehingga banyak pengguna yang mencari cara untuk mengubah tampilan UI Facebook mereka. Dan akhirnya, kesempatan ini digunakan oleh para hacker jahil untuk meraup keuntungan dengan menawarkan “tipuan” murahan tersebut. Padahal nyatanya, pihak Facebook sama sekali tidak menyediakan fitur untuk mengubah tampilan muka pada akun mereka.

Dilansir dari laman Tech Firstpos (09/08/2014), sebuah lembaga security shina, Cheeta Mobile mengatakan bahwa dengan mengklik link tersebut, atau dengan memasang aplikasi palsu itu, pengguna malah akan menginstal malware barbahaya yang akan membahwakan akun facebook dan PC mereka.

Cheeta mengatakan bahwa virus dan malware akan sangat mudah untuk dikemas dalam bentuk sebuah aplikasi Facebook. Mereka juga mengatakan bahwa kesalahan terbesar terletak pada laman aplikasi Facebook itu sendiri, yang memungkinkan para Cheater untuk dengan mudah mengeksploitasi aplikasi berbasis Facebook tersebut, dengan menambahkan berbagai skrip yang akan mengarahkan pengguna kedalam situs phishing.

Aplikasi pengubah warna ini kemudian akan memancing para pengguna dengan sebuah video tutorial, yang sebenarnya malah membiarkan sang hacker untuk memiliki akses akun sang korban, seperti akses untuk video, gambar, status, dan informasi pengguna lainnya.

Selanjutnya akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa pada komputer korban telah dihinggapi virus, dan menyarankan pengguna untuk menginstal antivirus yang mereka sediakan, yang ternyata sebenarnya adalah program yang sangat berbahaya.

SHARE

Leave a Reply