Viv Lab: Kembangkan Asisten Virtual dengan Kecerdasan Buatan?

Viv Lab: Kembangkan Asisten Virtual dengan Kecerdasan Buatan?
Kecerdasan buatan (foto: PCMAG)

Viv Lab baru saja mengumumkan sebuah terobosan besar mengenai projecnya, dalam mengembangkan sebuah kecerdasan buatan yang akan memungkinkan untuk membuat sebuah AI yang benar-benar dapat belajar sendiri, sehingga nantinya Asisten virtual akan mampu untuk melakukan apa saja yang diperintahkan kepadanya.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini sendiri merupakan sebuah klaim yang terbilang gila, namun disamping itu, tim dibalik proyek ini sendiri merupakan orang-orang berpengalaman di bidang tersebut. Terlebih mengingat bahwa 3 pendiri Viv Lab ini juga merupakan bagian dari Tim yang bekerja dalam menciptakan Siri.

Dilansir dari laman Phonearena (13/08/2014), Siri memanglah bukan contoh dari kecerdasan buatan sama sekali. Siri sendiri hanyalah sebuah sistem pengenal suara yang kompleks, yang dapat menjawab banyak pertanyaan dan melakukan fungsi standar. Berbeda dengan apa yang ingin Dag Kittlaus, Adam Cheyer dan Chris Brigham yang merupakan pendiri Viv Lab ini ingin ciptakan. Selama dua tahun terakhir ini, mereka telah menghabiskan waktu mereka untuk mewujudkan mimpi mereka, untuk menciptakan suatu sistem tanpa batas, yang akan bisa terus belajar, untuk menambal, atau memperbaiki setiap sistem yang kurang pada dirinya. Dan akhirnya, mereka akan mampu untuk menciptakan suatu sistem asisten virtual yang benar-benar dapat melakukan apa yang diperintahkan tuannya.

Viv Lab sendiri mengatakan bahwa apa yang sedang mereka bangun ini, yang nantinya akan disebut dengan “Global Brain” ini akan menjadi game-charger yang nantinya akan dapat terhubung dengan berbagai perangkat dan Internet. Sehingga, program ini tidak hanya akan hadir di satu platform saja, atau menjadi pengganti bagi Siri, Cortana ataupun Google Now. Melainkan mereka berharap bahwa kecerdasan buatan ini akan jadi suatu program yang berbeda dan meng-global dan bukan lagi sekedar fiksi ilmiah belaka.

Leave a Reply