Khawatirkan Keamanan, Google Akan Buat Android Khusus Versi Anak?

Khawatirkan Keamanan, Google Akan Buat Android Khusus Versi Anak?
Android Untuk Anak-Anak? (foto: ubergizmo)

Saat ini, Google dikatakan sedang mengerjakan sebuah versi khusus untuk layanan online miliknya, yang diperuntukan bagi anak-anak. Seperti layanan YouTube, Google Search dan Gmail yang akan hadir khusus untuk anak-anak. Selama ini Google merasa bahwa Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA), yang dimaksudkan untuk melindungi anak-anak, justru malah memaksa orangtua untuk memalsukan identitas anak mereka.

Yah, tentu saja. Karena undang-undang ini mengharuskan setiap situs online untuk menolak akun dengan usia dibawah 13 tahun. Namun Google sempat mengatakan bahwa mulai saat ini,mereka akan menghilangkan kebiasaan tersebut, dengan menghadirkan layanan web khusus untuk anak-anak. Untuk saat ini, informasi detail mengenai rencana ini masih sangatlah minim. Namun menurut laporan, nantinya Google akan membuat setiap penggunanya untuk mendaftarkan akun sesuai usia mereka sebenarnya, tanpa ada kebohongan. Masih belum jelas bagaimanakah aplikasi ini akan berjalan untuk melindungi dan menjaga para anak-anak.

Menurut laman Phonearena (19/08/2014), selama ini, Google telah menyerahkan masalah kontrol orangtua kepada pengembang pihak ketiga. Setidaknya hingga muncul Android 4.3 JellyBean, dimana Google menambahkan fasilitas profil terbatas. Yang mana akan memudahkan orangtua untuk memilih akses apa saja yang dapat digunakan putra putri mereka. Namun pada dasarnya, fitur ini merupakan bagian dari fitur multi-user yang hanya tersedia pada perangkat Tablet Android saja, bukan pada smartphone. Meskipun kabarnya Androidd L juga akan membawa fitur serupa.

Entah perubahan apa yang akan dilakukan Google, tapi yang pasti, perubahan tersebut akan berpengaruh pada Android itu sendiri. Meskipun hingga kini masih belum ada jadwal apapun yang berkaitan dengan perlindungan anak-anak atau semacamnya. Sehingga tidak ada jaminan bahwa fitur ini akan hadir dalam waktu dekat.

Beberapa pihak berpendapat bahwa fitur ini akan hadir pada perangkat Android L. Namun sebagian berharap bahwa fitur menakjubkan ini dapat hadir di setiap perangkat Android melalui update berkala atau semacamnya.

SHARE

Leave a Reply