Saat Ini, Perangkat Android Terpecah Menjadi 18 Ribu Perangkat Lebih

Saat Ini, Perangkat Android Terpecah Menjadi 18 Ribu Perangkat Lebih
Meski Kuasai Pasar, Android Belum Menang? (foto: wallsev)

Sebagai Sistem Operasi berbasis Open Source, sudah bukan hal aneh lagi jika Android digunakan oleh berbagai vendor sekaligus. Dan kini, hingga Agustus 2014 ini, perangkat Android yang beredar di pasaran telah terpecah menjadi 18.796 tipe perangkat.

Angka yang terbilang signifikan, karena menurut statistik yang dirilis oleh Open Signal (22/08/2014), pada tahun 2013 lalu, perangkat android yang beredar di pasaran hanya sekitar 11.868 tipe perangkat saja. Bahkan percaya atau tidak, di tahun 2012 lalu, perangkat Android hanya ada sekitar 3.997 tipe saja.

Satu lagi fakta yang mencengangkan dari data tersebut adalah bahwa 43% dari keseluruhan perangkat Android yang saat ini beredar (terlepas dari tipe perangkat tersebut), ternyata merupakan buatan Samsung. Dengan hanya 20,9% saja perangkat yang mendukung sistem operasi berbasis Android 4.4 KitKat.

Laporan tersebut ternyata serupa dengan apa yang disampaikan Google di awal Agustus lalu. Layaknya pedang bermata dua, hal ini bisa dibilang menguntungkan, namun juga cukup merugikan. Yang paling diuntungkan dalam kasus ini adalah konsumen, dimana dengan banyaknya tipe perangkat Android yang tersedia, mereka dapat lebih mudah dalam memilih perangkat mana yang mereka sukai, atau perangkat mana yang mampu dan mempuni untuk dibeli.

Di sisi lain, para Developer malah menjadi korban dari tragedi ini. Mereka akan kesulitan dalam menyiapkan berbagai aplikasi dan game, yang tentunya harus dapat kompertibel dengan berbagai perangkat Android yang ada, untuk dapat meraih potensi maksimal dari pasar.

SHARE

Leave a Reply