Napak Tilas : Evolusi Yang Luar Biasa dari iPhone

Napak Tilas : Evolusi Yang Luar Biasa dari iPhone
Evolusi iPhone (foto: inews)

Sadar atau tidak, baik anda penggemar iPhone atau bukan, kitak tidak dapat memungkiri, bahwa selama ini, Apple telah berjasa dan berperan besar dalam mengubah pasar smartphone dunia.

Perubahan tersebut dimulai pada 9 Januari 2007, di MacWorld, dimana sang CEO Apple kala itu, Steve Jobs  untuk pertama kalinya, memperkenalkan iPhone original kepada dunia luas. Dan setelahnya, satu per satu vendor smartphone mulai mengubah haluan mereka, mengikuti apa yang dilakukan Apple. Sejak saat itu, hampir semua vendor, bahkan BlackBerry yang terkenal dengan keyboard fisiknya, mulai merubah desain dari handset mereka. Layar touchscreen penuh, tanpa tombol, menghilangkan keyboard, dan lainnya.

Dan sejak saat itu, pasar smartphone berubah total. Mereka yang mau bersahabat dengan perubahan akhirnya mendapatkan lahan yang cukup luas di pasaran, sedangkan mereka yang diselimuti keraguan, harus merasakan kesakitan terjatuh, bahkan tumbang. Seperti Nokia misalnya.

Waktupun terus berjalan, dan persaingan di pasar smartphone terus berkembang. Berbagai handset baru bermunculan, dan mulai menggeser kedudukan iPhone dan Apple. Dan bahkan, beberapa diantaranya sudah berani mengakui diri lebih baik dari iPhone.

Dalam rangka terus bertahan, iPhone tidak ingin melakukan kesalahan yang sama dengan pesaingnya di masa lalu. Setelah bertahun-tahun terus bertahan teguh dengan desain dan kepercayaan semula, iPhone kini mulai mau menerima perubahan. Kini, pada 9 September 2014, Apple telah meluncurkan generasi terbaru iPhone. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, yang mana membawa ukuran layar yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Dengan layar berukuran 4.7  inci dan 5.5 inci, Apple berharap bahwa kejayaan iPhone akan dapat terus bertahan selama mungkin.

Bukan hanya layar yang lebih besar, iPhone juga berusaha mengerti keinginan dan hasrat para pengguna, yang menginginkan sebuah handset dengan desain dan ukuran yang trendy, bergaya dan tidak ketinggalan jaman. Oleh karenanaya, Apple juga turut mempertipis ukuran iPhone. Hingga saat ini, iPhone 6 mampu berdiri tegak di pasaran, dengan ukuran tebal 6,9 mm saja. Dari yang sebelumnya 11,6 mm.

SHARE

Leave a Reply