Konsumsi OS Terbaru Mikrosoft, Windows Phone 8.1 Makin Meredup

Konsumsi OS Terbaru Mikrosoft, Windows Phone 8.1 Makin Meredup
Apakah Windows Phone 8.1 Telah Gagal? (foto: DigitalTriends)

Seperti biasanya, setelah meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi mereka, para penyedia OS Mobile terkemuka dunia seperti Android, iOS dan Windows Phone tidak pernah lupa untuk menunjukan kepada publik, sejauh mana, keberhasilan dan prestasi yang mereka raih dengan versi terbaru dari OS mereka.

Sebelumnya, Android telah lebih dulu mengumumkan angka 25% sebagai raihan dari Android 4.4 KitKat kebanggaan mereka. Dan menyusul di belakangnya, dengan persentase sebesar 50% adalah iOS  8 yang dikatakan sedang menghadapi banyak masalah. Dan sisanya, Windows Phone harus menjadi yang paling akhir dalam pengumuman ini.

Dilansir laman WPCentral (30/09/2014), saat ini OS Mobile dari Microsoft, Windows Phone 8.1 hanya mampu menggapai kurang dari 40% perangkat di pasaran. Hal ini tentunya menunjukan betapa kurangnya respon pengguna terhadap OS terbaru dari Windows Phone ini.

Bayangkan saja, menurut data yang dikumpulkan oleh AdDuplex, pada bulan pertama sejak diluncurkan pada Agustus llau, Windows Phone telah sukses meraih ruang sebesar 24,4%. Namun dua bulan kemudian, tepatnya saat ini, Windows Phone 8.1 hanya diadopsi oleh 39,2% perangkat saja. Ia tampaknya masih kalah dengan pendahulunya, WP 8 yang meraih tempat sebesar 45,7% di pasaran Windows Phone. Lalu kemana sisanya?

Jawabanya ada pada Windows Phone 7. Entah ini sesuatu yang patut dibanggakan atau justru memalukan bagi Microsoft. Sekitar 15,2% handset Windows Phone ternyata masih menggunakan OS versi lawas ini. Sebagian mungkin diakibatkan oleh spesifikasi handset yang tidak mendukung OS terbaru, namun sebagian lagi, jelas lebih memilih untuk bertahan, meskipun mereka dapat diupgrade.

Inilah yang jadi pertanyaan besar. Apa alasan mereka bertahan. Jika karena mereka sangat menyukai Windows Phone 7, itu artinya Microsoft telah sukses dalam pengembangan WP 7 ini. Namun jika alasannya karena Windows Phone 8 dan 8.1 yang bermasalah, rumit dan kurang bersahabat, lain lagi ceritanya.

Untuk saat ini, ekosistem Windows Phone memang masih didominasi oleh Nokia Lumia. Meskipun ada beberapa vendor yang turut bergabung, mereka masih jauh untuk dikatakan sebagai bagian yang patut dipertimbangkan. Sebagai catatan, saat ini, handset Nokia Lumia 520 merupakan handset Windows Phone yang paling populer di dunia. Dengan menguasai ruang sebesar 30,6% di pasar Windows Phone dunia. Sedangkan di AS sendiri, si kembar Lumia 520 dan Lumia 521 yang memimpin. Bersama-sama, mereka mampu menguasai sekitar 46,2% pasar Windows Phone di AS sana.

Konsumsi OS Terbaru Mikrosoft, Windows Phone 8.1 Makin Meredup
Konsumsi Versi Windows hone per September 2014 (foto: AdDuplex)
Konsumsi OS Terbaru Mikrosoft, Windows Phone 8.1 Makin Meredup
Distribusi Global Handset Windows Phone (Photo: AdDuplex)
SHARE

Leave a Reply