Google Ara Akan Gunakan Hot-Swappable Modular dan Android L Modifikasi

Google Ara Akan Gunakan Hot-Swappable Modular dan Android L Modifikasi
Google Ara, Ponsel Modular Canggih Luar Biasa (foto : Google)

Salah satu projec unik dari Google, sang ponsel blok Projec Ara kembali menarik perhatian. Kali ini, Google mengumumkan bahwa ponsel berkonsep blok ini akan hadir dengan modul baterai yang “hot-swappable”. Yang artinya, akan dapat diganti ketika ponsel tengah bekerja atau hidup. Sehingga anda tidak perlu me-reboot ponsel anda ketika ingin mengganti baterai.

Sungguh sebuah langkah yang brilian dan luar biasa. Karena seperti yang kita ketahui selama ini, bahwa ketika baterai dari sebuah ponsel dicabut, ponsel tersebut secara otomatis akan mati karena kehilangan daya. Entah akan seperti apa nantinya, sungguh tidak terbayangkan.

Dilansir laman Engadget (30/09/2014), pimpinan dari Projec Ara ini, Paul Eremenko mengatakan bahwa setiap modul dari ponsel ini akan membawa fitur “Hot-Swappable”, terkecuali untuk layar dan CPU. Hal ini tentunya akan sangat berguna dan memudahkan pengguna. Ketika ingin mengganti speaker atau kamera misalnya, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mematikan ponsel terlebih dulu. Mereka dapat melakukannya ketika tengah bekerja, seperti tengah mengambil gambar, atau melakukan panggilan.

Selain modular yang bersifat “hot-swappable”, Eremenko juga mengatakan bahwa handset Projec Ara ini akan hadir dengan sistem operasi Android terbaru, Android L yang telah dimodifikasi. Dan modular-modularnya nanti akan tersedia di sebuah situs online layaknya Google Play Store. Seperti sebelumnya, Google masih belum mau memberikan kejelasan terkait kapan handset ini akan hadir. Namun mereka berjanji, bahwa di tahun 2015 mendatang, para konsumen sudah akan dapat menikmati Projec Ara pertama.

SHARE

Leave a Reply