Teknologi Baterai Terbaru: Isi Ulang Cepat, Daya Tahan Lebih Lama

Teknologi Baterai Terbaru: Isi Ulang Cepat, Daya Tahan Lebih Lama
Baterai Super dari NTU Singapore (foto: NTU Singapore)

Teknologi sejenis baterai memang telah sejak lama ditemukan, namun hal itu tampaknya tidak mencegah para ilmuan untuk terus mengembangkan kemampuan dan teknologi dari baterai itu sendiri. Dengan menerapkan berbagai teknologi dan inovasi baru, berbagai jenis baterai barupun mulai banyak bermunculan. Salah satunya adalah baterai super yang ditemukan oleh para peneliti dari Nanyang Technological University (NTU Singapore).

Dilansir laman science daily (14/10/2014), tidak seperti baterai biasa, baterai super ini dapat diisi ulang dalam waktu yang sangat singkat. Hanya dibutuhkan waktu selama 2 menit saja, untuk dapat mengisi ulang tenaga baterai ini, dari 0% menjai 70%. Selain itu, luar biasanya, baterai berjenis Lithium ion ini memiliki umur atau usia guna hingga lebih dari 20 tahun.

Tidak tanggung-tanggung, dalam menciptakannya, para peneliti mengganti unsur graphite yang digunakan pada baterai Lithium ion lama dengan material gel yang terbuat dari titanium dioxide. Matirial baruu ini sendiri juga memiliki banyak kelebihan, selain murah, material tersebut juga dinilai lebih aman ketimbang graphite.

“Meski penelitian kami ini belum tuntas seluruhnya, jika nanoteknologi kami ini digunakan, maka tidak diragukan lagi, pengisian baterai pada mobil listrik, dapat dilakukan hanya dalam waktu 5 menit saja. Tidak jauh berbeda jika kita mengisi bahan bakar di SPBU,” tutur Associate Professor Chen Xiaodong of Nanyang Technological University.

SHARE

Leave a Reply