Snapsaved Klaim Hacker Mencuri Foto Snapchat

Snapsaved Klaim Hacker Mencuri Foto Snapchat
SnapChat. (Foto: TheVerge)

Snapsaved.com, sebuah situs web yang mempersilahkan pengguna untuk menyimpan gambar yang dikirim melalui Snapchat, menyatakan pada hari Senin bahwa hacker telah menjebol server dan mengambil file foto sebesar 500 mb.

Klaim dari situs yang sedikit diketahui tengah disorot terkait beberapa laporan terakhir bahwa hacker sedang mempersiapkan untuk merilis foto sekitar 13 gb yang dikirim melalui SnapChat, aplikasi mobile populer di kalangan remaja yang menjanjikan pengguna bahwa setiap gambar disampaikan ke pengguna lain akan dihapus dalam hitungan detik.

Namun, pengguna dapat menggunakan situs khusus dan aplikasi pihak ketiga seperti Snapsaved.com untuk menyimpan gambar yang mereka terima pada smartphone mereka, dengan atau tanpa sepengetahuan SnapChat. SnapChat, pekan lalu menyalahkan aplikasi pihak ketiga, yang dapat didownload secara terpisah dan digunakan bersama dengan layanan, untuk setiap foto yang mungkin telah dicuri atau bocor.

Prospek bahwa foto akan mejeng di situs torrent tersedia untuk publik melalui indeks, database online telah menyuarakan keprihatinan tentang gambar berpotensi anak di bawah umur.

Pada hari Senin, Snapsaved.com mengatakan pada halaman Facebook-nya bahwa semua telah dihapus dari seluruh situs dan database setelah ditemukannya pembobolan. Tidak jelas siapa yang menulis posting di halaman Facebook Snapsaved.com, yang telah aktif sejak tahun 2013, dan website-nya pun down.

Sementara tampaknya ini merupakan sebuah pelanggaran cybersecurity, website mengatakan bahwa ini merupakan ancaman hacker, diposting anonim di forum online, untuk melepaskan gambar-gambar sebagaimana media menjjulukinya sebagai “snappening” bahkan sudah dibesar-besarkan.

“SnapChat belum hack, dan gambar-gambar ini tidak berasal dari database mereka,” posting pembaca di Facebook.

“Desas-desus terbaru tentang snappening adalah hoax. Hacker tidak memiliki informasi yang cukup untuk mengklaim database.”

Tidak jelas mengapa Snapsaved.com pikir ancaman itu tipuan atau bagaimana dan apakah SnapChat telah dihack.

Foto Bocoran bisa menjadi masalah bagi Snapchat, yang merupakan salah satu aplikasi yang bersaing dengan Facebook dan Twitter tetapi menghadapi kritik atas praktik privasi. Snapchat sekarang mengumpulkan uang dari hasil pendanaan sekitar USD10 miliar, menurut laporan.

SHARE

Leave a Reply