Layanan Sharing Foto Twitpick Akan Ditutup Bulan Ini

Layanan Sharing Foto Twitpick Akan Ditutup Bulan Ini
Twitpick Akan Ditutup Bulan Ini? (foto: Engadget)

Setelah apa yang terjadi, pihak penyelenggara layanan sharing foto online, Twitpic mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan tersebut pada 25 Oktober mendatang.

“Kami telah berusaha keras untuk mencari beberapa peng-akuisi yang potensial, namun kami telah kehabisan pilihan. Kami bahkan hampir mendapatkan rumah baru untuk Twitpic (lihat tweet kami sebelumnya), namun sayang kami tidak dapat mencapai kata setuju,” ujar pendiri Twitpick Noah Everett, dalam sebuah posting di blognya.

Dilansir laman TechSpot (18/10/2014), awal bulan lalu, Twitpic mengumumkan bahwa pihaknya akan menutup layanan merek pada 25 September. Hal ini berkaitan dengan perselisihannya dengan Twitter, yang meminta mereka untuk segera menutup produk aplikasi mereka ini, atau mereka akan kehilangan akses menuju ke API Twitter. Jelas saja, Twitpick tidak dapat menolak, mereka tidak memiliki kekuatan untuk melawan perusahaan sekelas Twitter.

Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Twitpick mengatakan bahwa mereka telah menemukan seorang donatur yang bersedia mengakuisi Twitpick, dan mereka akan dapat terus beroperasi. Namun sayang, semua harapan itu kandas, karena ternyata, kesepakatan yang dijalin Twitpick dengan sang donatur yang tidak diketahui identitasnya itu, tidak berlabuh pada kata sepakat.

“Aku sungguh minta maaf (dan malu) atas keadaan yang berakhir seperti ini, mulai dari pemberitahuan penutupan kami sebelumnya, hingga kabar akuisi yang gagal,” tambah Noah.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 lalu, Twitpick merupakan layanan pihak-ketiga pertama dan mungkin yang terbaik, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar dan menambahkan animasi GIF kedalam tweet di Twitter. Setidaknya hingga Twitter menambahkan fitur tersebut secara resmi. Sehingga pengguna tidak lagi membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Oh ya, bagi pengguna Twitpick yang ingin menyelamatkan foto-foto berharga kalian, kalian masih memiliki kesempatan hingga tanggal 25 Oktober nanti, untuk mengekspor data dan foto kalian di link http://twitpic.com/account/settings. Namun foto kapasitas ekspor dibatasi hanya sampai 5.000 gambar terbaru saja.

SHARE

Leave a Reply