iCloud Diretas Pemerintah, Tim Cook Segera Terbang Ke Tiongkok

iCloud Diretas Pemerintah, Tim Cook Segera Terbang Ke Tiongkok
Tim Cook, CEO Apple (foto: 9to5mac)

Beberapa waktu lalu, sempat mencuat kabar yang mengatakan bahwa situs iCloud telah diretas, dan beberapa warga asal Tiongkok yang menjadi korban dari tindakan ilegal ini. Dan parahnya, aksi hacking tersebut dikabarkan telah dilakukan oleh pemerintah Tiongkok itu sendiri.

Menanggapi kabar kurang menyenangkan ini, sang CEO Apple, Tim Cook bergegas terbang ke Tiongkok untuk menyelesaikan masalah ini. Dilansir laman Technobuffalo (23/10/2014), ia berangkat sesegera mungkin, sekitar 2 hari setelah kabar tersebut mulai mencuat. Di Tiongkok, Cook mencoba untuk menemui sang Perdana Menteri Ma Kim pada hari Rabu (22/10/2014) kemarin. Pada pertemuan tersebut, mereka berdua dikabarkan membahas dua topik “panas” terkait keamanan privasi pengguna, dan hubungan kerja sama di bidang telekomunikasi dan informasi.

Dan tentu saja, Tim juga turut membahas perihal kasus peretasan situs iCloud yang diklaim GreatFire.org sebagai salah satu tindak ilegal pemerintah Tiongkok. Dalam usaha peretasan ini, kabarnya mereka menggunakan metode man-in-the-middle (MITM) untuk mendapatkan informasi terkait username dan password pengguna. Metode ini dilakukan dengan cara menempatkan sebuah situs iCloud palsu, diantara gadget pengguna dan server utama iCloud.

Metode MITM ini sendiri dianggap cukup jitu, ditengah kondisi keamanan layanan internet yang telah ditingkatkan belakangan ini. Selain iCloud, beberapa layanan tenar lainnya, seperti Google, Yahoo dan Microsoft Outlook juga dikabarkan telah menjadi korban dari metode ini.

Untuk menenangkan para pengguna, untuk sementara ini Apple telah merilis sebuah laman support di website resmi mereka. Pada laman tersebut, secara tidak langsung Apple juga menyatakan bahwa aksi hacking MITM tersebut dilakukan oleh pemerintah Tiongkok, karena memang diketahui bahwa tindakan tersebut dilakukan dengan terkoordinasi.

SHARE

Leave a Reply