Twitter Kenalkan Digit, Sistem Keamanan Baru Pengganti “Password”

Twitter Kenalkan Digit, Sistem Keamanan Baru Pengganti
Twitter: Digit lebih aman dari Password (foto: binkd)

Pada konferensi pengembang di San Francisco beberapa waktu lalu, Twitter dengan tegas mengumumkan pernyataan perang terhadap sistem password, dengan merilis sebuah metode baru untuk log-in ke aplikasi Mobile Twitter, hanya dengan nomor telepon saja.

Dilansir laman FoxNews (24/10/2014), pada hari Rabu kemarin, Jeff Seibert, direktur untuk platform Mobile di Twitter, telah memperkenalkan Digit. Sebuah tool gratis untuk Twitter, yang hadir dengan dukungan untuk 216 negara serta 28 bahasa berbeda.

Dengan Digits (yang bukan bagian dari Twitter), pengguna hanya perlu memasukan nomor telepon mereka, dan selanjutnya, sebuah nomor konfirmasi akan dikirim melalui sms. Nah, nomor konfirmasi inilah yang akan digunakan untuk login.

Seibert sendiri sangat yakin, bahwa sistem ini akan menjadi lebih baik ketimbang kombinasi e-mail dan password yang dinilai lebih repot. Selain mudah lupa, metode password juga dinilai sangat mudah untuk dicuri dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Salah seorang pengembang yang hadir dalam konferensi tersebut, Derek Hearn, seorang teknisi muda asal Chicago tampak antusias menyambut kehadiran dari sistem baru ini. “Digit cukup mengusik rasa ingin tahu saya,” ucap Hearn. Hearn sendiri merupakan salah satu karyawan MeetBall, sebuah perusahaan penyedia layanan berbagi lokasi melalui perangkat mobile.

Bukan hanya Hearn saja yang antusias. Cameron Hendrix, seorang pengembang aplikasi mobile untuk salah satu perusahaan pendidikan digital di New York, menggambarkan Digit sebagai sistem yang “lebih aman” ketimbang sistem password yang banyak digunakan saat ini.

SHARE

Leave a Reply