Dua Raksasa Jejaring Sosial Dunia Diblokir Korea Utara

Dua Raksasa Jejaring Sosial Dunia Diblokir Korea Utara
Facebook dan Twitter kena Blokir di Korea Utara (foto: Rancahpost)

Korea Utara memang terkenal sebagai negara yang tertutup dan penuh disiplin. Berbeda jauh dari tetangganya, Korea Selatan. Pihak pemerintahnya juga dikenal sangat tegas dan ketat. Mereka tidak akan ragu untuk menangkap siapa saja yang dianggap melanggar ketentuan negara atau membahayakan negara.

Siapapun, termasuk media sekalipun. Tidak seperti di Indonesia, dimana media memiliki kebebasan yang luar biasa, di Korea Utara hal itu justru sebaliknya. Pihak pemerintah bahkan tidak akan ragu untuk menutup media-media yang dianggap berbahaya dan melanggar ketentuan. Tidak terkecuali dengan media sosial berskala internasional sekalipun, seperti Facebook dan Twitter misalnya.

Dilansir laman PCWorld (03/11/2014), Korea Utara baru saja dikabarkan telah memblokir kedua media sosial terbesar dunia tersebut. Padahal sebelumnya, baik Twitter atau Facebook sekalipun, sangatlah dibatasi penggunaannya. Hanya pebisnis atau beberapa pekerja sosial saja yang diberi izin untuk menggunakan kedua layanan ini. Selebihnya, masih dibatasi pihak Pemerintah.

Bukan hanya jejaring sosial dan media sosial saja. Internetpun turut dibatasi di negara ini. Di Korea Utara, masyarakat tidak bisa mengakses internet dengan bebas seperti di Indonesia. Pemerintah hanya mengizinkan masyarakatnya untuk mengakses beberapa situs penting saja, seperti situs milik pemerintah, situs pendidikan, sains, budaya, dan beberapa informasi sederhana seperti makanan dan kesehatan. Di luar itu, semuanya dibatasi.

Di Indonesia, kita dapat menemukan komputer di berbagai tempat, dan dapat digunakan secara bebas. Namun lain halnya dengan Korea Utara. Di sana, komputer hanya dapat kita temui di beberapa tempat tertentu saja, seperti perpustakaan, universitas dan beberapa instansi pemerintahan saja.

SHARE

Leave a Reply