Google Kembalikan Fungsi SD Card Pada Android 5.0 Lolipop

Google Kembalikan Fungsi SD Card Pada Android 5.0 Lolipop
Fitur SD Card pada Handset Android (foto: droid-life)

Setelah cukup lama mengalihkan fungsi SD Card dari sistem operasi Android, Google kini mencoba untuk mengembalikan kenangan tersebut kepada para pengguna yang benar-benar menyukai dan menikmati penggunaan fitur SD Card. Hal ini mereka aplikasikan melalui update Android 5.0 Lolipop yang akan segera hadir.

Sebelumnya, Google memang seolah-olah ingin menyingkirkan fungsi yang satu ini. Mulai dari tidak memasukan fitur tersebut pada jajaran handset Nexus miliknya, hingga secara perlahan menghapus fungsi tersebut dari sistem Android. Namun entah ada angin apa, Google kini tiba-tiba ingin mengembalikan fungsi ini, dan tidak tanggung-tanggung, untuk mewujudkannya, mereka sampai-sampai menambahkan sebuah API baru yang dirancang khusus untuk memungkinkan para developer mengakses direktori dan file pada SD Card, dengan cara yang lebih aman dan mudah.

Dilansir laman Android Police (05/11/2014), untuk dapat memberikan akses menuju SD Card, pengguna memang diharuskan untuk terlebih dahulu memberikan izin akses kepada aplikasi. Namun hal ini hanya perlu dilakukan sekali saja, dan selanjutnya, semua akan berjalan dengan lancar. Aplikasi juga kini dapat membuat direktori sendiri untuk menyimpan media pada SD Card dengan lebih mudah.

Sebelumnya, fungsionalitas SD Card juga sempat ditingkatkan dengan update Android 4.4 KitKat, namun sayang, perubahan yang diberikan tidak sebesar ini. Bagaimana, anda tertarik untuk mencobanya? Tampaknya butuh waktu sedikit lama hingga kita dapat menikmati fitur-fitur unggulan di Android 5.0 Lolipop ini. Namun rasanya hal itu sepadan bukan?

Leave a Reply