Fitur Baru, iMessages Kini Bisa Di-‘Unreg’

Fitur Baru, iMessages Kini Bisa Di-'Unreg'
'Deregister iMessages', fitur Baru untuk Unreg iMessages (foto: iMore)

Sebuah kabar gembira kembali datang dari Apple. Demi memenuhi protes dari para penggunanya, Apple kini merilis fitur baru untuk aplikasi iMessages. Dinamai ‘Deregister iMessages’, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan atau menghentikan pendaftaran atau unregistrasi nomor telepon mereka dari layanan iMessages.

Fitur ini memang sangat dibutuhkan ketika para pengguna memutuskan untuk migrasi dari iOS ke perangkat lain. Atau ketika pengguna memutuskan untuk menjual perangkat iPhone mereka. Sebelumnya, para ‘mantan’ pengguna iOS sempat merasa gelisah setelah mereka migrasi ke perangkat lain. Pasalnya, mereka tidak dapat menerima pesan yang dikirim teman mereka melalui handset iPhone.

Usut punya usut, dilansir laman iclarified(10/11/2014), ternyata pesan tersebut memang tidak pernah sampai ke nomor pengguna. Melainkan justru nyangkut di akun iMessages mereka. Hal ini memang lumrah saja. Karena untuk semua nomor yang terdaftar di iMessages, ketika pengguna iMessages lain ingin mengirim pesan dan menulis nomor penerima di kolom penerima, maka secara otomatis, sistem akan mengubah nomor tersebut menjadi akun iMessages yang terkait dengan nomor tersebut. Singkatnya, selama nomor mereka terdaftar di iMessages, mereka tidak akan dapat menerima pesan masuk dari pengguna iOS lain, ketika nomor mereka digunakan pada perangkat yang bukan iOS.

Ada dua cara untuk menggunakan fitur ini. Yang pertama adalah dengan masuk ke menu setting -> Messeges. Lalu matikan fitur iMessages. Cara ini dapat dilakukan jika iPhone masih berada di tangan pengguna.

Dan jika iPhone ternyata sudah berpindah tangan, pengguna dapat melakukan cara kedua. Yakni dengan memanfaatkan media eksternal. Pengguna hanya tinggal masuk ke alamat https://selfsolve.apple.com/deregister-imessage, lalu masukan nomor ponsel terdaftar. Selanjutnya, pengguna akan menerima sms konfirmasi, berupa sebuah kode. Masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia, dan nomor andapun sudah ter-unreg dari iMessages.

SHARE

Leave a Reply