Hacker China Buktikan iPhone 6 Plus Bisa Jalankan OS Windows 98

Hacker China Buktikan iPhone 6 Plus Bisa Jalankan OS Windows 98
iPhone 6 Plus Ternyata Bisa Jalankan Windows 98 Lancar (foto: Phonearena)

Seorang hacker asal China telah terbukti berhasil menginstal salah satu OS jadul buatan Microsoft pada handset iPhone 6 Plus. OS tersebut tidak lain adalah sistem operasi desktop Windows 98 yang sempat melambungkan nama Microsoft pada era tahun 1998.

Bisa dikatakan bahwa hal ini merupakan sebuah prestasi. Dimana OS yang diinstal bukanlah OS untuk perangkat mobile, melainkan sebuah OS untuk perangkat Desktop. Namun di sisi lain, hal ini juga bisa dikatakan masuk akal. Mengingat kemampuan hardware Apple iPhone 6 Plus yang jauh lebih baik dibandingkan kemampuan hardware desktop kala itu.

OS Windows 98 inipun tampaknya dapat bekerja dengan cukup baik pada handset iPhone 6 plus tersebut. Bahkan sang hacker membuktikan bahwa Menu Start yang tampil dalam bahasa China pada OS itu juga bisa berfungsi dengan baik. Hal ini tampak pada beberapa gambar yang diunggah-nya di sebuah forum yang cukup populer di China.

Usut punya usut, ternyata sang hacker memanfaatkan aplikasi iDOS untuk melakukan hal tersebut. Melalui aplikasi inilah, si hacker dapat menginstal sistem operasi jadul tersebut. Hal ini memang bukanlah yang pertama kalinya, dimana seseorang berhasil memasang OS jadul pada perangkat mobile yang canggih. Sebelumnya, seorang hacker lain juga sempat berhasil menginstal OS Windows 95 pada perangkat yang lebih kecil, yakni smartwatch Samsung Gear Live yang semestinya ditenagai OS Android Wera. Handset G Watch dari LG juga tak ketinggalan memamerkan kemampuannya menjalankan PS 1 dengan lancar.

Hacker China Buktikan iPhone 6 Plus Bisa Jalankan OS Windows 98
Tampilan Start Menu pada layar 5,5 inchi iPhone 6 Plus
Hacker China Buktikan iPhone 6 Plus Bisa Jalankan OS Windows 98
Explorer tampil Anterng

Leave a Reply