Ini Alasan Mengapa Android Butuh 3GB RAM, dan iOS Hanya Perlu 1GB Saja

Ini Alasan Mengapa Android Butuh 3GB RAM, dan iOS Hanya Perlu 1GB Saja
Misteri RAM pada iOS dan Android (foto: insidegameinasia)

Para pengguna Gadget, terutama pengguna handset Android acap kali dibingungkan dengan sebuah pertanyaan terkait perbedaan dari handset Android dan iOS. Pertanyaan tersebut tidak lain adalah “Mengapa iOS bisa berjalan dengan sangat lancar hanya dengan 1GB RAM saja, sedangkan Android membutuhkan 2-3GB RAM untuk bisa memiliki kinerja yang sama?”

Sudah cukup lama, pertanyaan ini menjadi misteri yang tak terpecahkan bagi para pengguna. Namun kini, hal tersebut bukan lagi misteri tampaknya. Karena dilansir laman RedmondPie (17/11/2014), berdasarkan sebuah jawaban pada Website Quora, hal ini tidak lain disebabkan oleh teknologi Java yang digunakan pada aplikasi Android itu sendiri.

Seiring dengan penggunaan teknologi Java, terdapat sebuah proses yang disebut dengan Garbage Collection, atau pengumpulan sampah. Ketika seorang pengguna Android menutup sebuah aplikasi proses ini akan aktif untuk mendaur ulang memori yang ada. Namun masalahnya, proses ini sendiri akan membutuhkan 4 hingga 8 kali lipat jumlah memori yang lebih besar, jika ingin proses tersebut selesai lebih cepat. Sehingga jika anda ingin ponsel anda bekerja lebih cepat, anda juga akan membutuhkan memori yang lebih besar.

Hal ini tidak berlaku pada iOS, karena iOS tidak menggunakan teknologi tersebut. Sehingga 1GB RAM saja sudah cukup untuk membuat kinerjanya lebih cepat.

Nah, bagaimana? Apakah ini sudah menjawab pertanyaan anda?

SHARE

Leave a Reply