Suplay Utama Chip A-Series Apple Masih Dipegang Samsung

Suplay Utama Chip A-Series Apple Masih Dipegang Samsung
Chip A8 Apple (foto: silkinnovation)

Saingan tidak berarti musuh. Mungkin pepatah ini memang cocok dengan kondisi yang tengah dialami Apple dan Samsung saat ini. Dibalik persaingan mereka yang sangat sengit di pasar smartphone, kedua raksasa teknologi ini ternyata masih mampu menjaga kerja sama diantara keduanya tetap berjalan lancar. Hal ini terbukti dengan beredarnya kabar yang mengatakan bahwa untuk tahun 2016 mendatang, Apple akan masih mempercayakan produksi dari Chip prosesor buatannya kepada Samsung.

Pertama kali dilaporkan oleh laman Korea Times, Samsung dikabarkan masih diberikan tanggung jawab oleh Apple, untuk memproduksi 80% dari total Chipa A-Series buatan Apple yang nantinya akan digunakan iPhone dan iPad mendatang. Sedangkan 20% sisanya akan diserahkan kepada pihak Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Dilansir laman Phonearena (18/11/2014), untuk desain dari Chip A-Series ini masih akan tetap dipegang oleh Apple. Sedangkan Samsung dan TSMC hanya akan melakukan proses perakitan saja.

Untuk memenuhi order sebesar itu, Samsung dikabarkan meminta bantuan dari GlobalFoundries, demi mengurangi resiko yang mungkin akan muncul nantinya. Mereka juga dikabarkan akan menggunakan teknologi proses FinFET 14 nanometer. Berbeda dengan TSMC yang akan menggunakan teknologi 16 nanometer. Meski secara teknis produk yang diolah Samsung ini akan memiliki kualitas yang lebih baik, pihak Apple tetap percaya, bahwa hasil akhir dari kedua chip tersebut akan sama saja.

Selain dari Apple, Samsung juga dikabarkan telah menerima order dari beberapa perusahaan teknologi lain, seperti Qualcomm, Sony dan Nvidia, yang kabarnya, kontrak tersebut bernilai miliaran dolar.

SHARE

Leave a Reply