Tak Mampu Capai Target, Samsung Siap Rombak Manajemen?

Tak Mampu Capai Target, Samsung Siap Rombak Manajemen?
Penjualan Galaxy S5 Tak Mampu Capai Target? (foto: loadthegame)

Posisi Samsung sebagai pemimpin pasar Android kini mulai goyah. Dan bahkan, menurut beberapa kabar yang beredar, Samsung dikatakan mulai mempertimbangkan untuk kembali merombak manajemen perusahaannya. Terkait menurunnya kondisi penjualan dari handset Samsung Galaxy S5.

Pada awalnya, Samsung memprediksi bahwa Galaxy S5 akan laku terjual, setidaknya 20% lebih banyak dari Galaxy S4. Namun sayang, bukannya melebihi, penjualan perdana dari handset Galaxy S5 hanya mampu mencapai sekitar 70% saja dari penjualan handset Galaxy S4 tahun lalu. Sehingga alhasil, banyak handset Galaxy S5 yang tidak laku dan menumpuk di gudang.

Seperti dilansir laman The Verge (25/11/2014), meski mengalami banyak peningkatan di pasar utama mereka di AS, di beberapa pasar lain seperti China misalnya, penjualan handset Galaxy S5 ini justru menurun. Bahkan sampai 50% dari sebelumnya. Hal ini diduga disebabkan oleh semakin besarnya tekanan dari produk lokal seperti Xiaomi, OnePlus, serta bangkitnya beberapa vendor lama.

Kejadian ini dikabarkan telah mengundang pihak Samsung untuk merombak kembali sistem manajemen mereka. Mereka dikabarkan telah mulai memikirkan penggantian pemeran di tingkat eksekutif seperti CEO. Sementara itu, Chairman Samsung sendiri, Lee Kun-hee kini tengah terbaring sakit hingga kemungkinan besar akan digantikan oleh putranya.

Sebelumnya, pihak Samsung sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan segera mengubah strategi bisnsnya. Jika sebelumnya mereka berfokus pada keragaman portofolio produk mereka, maka pada tahun 2015 nanti, mereka akan lebih memfokuskan perhatian mereka kepada sejumlah produk andalan mereka saja.

Hal ini tidak lain dilakukan untuk merebut kembali pangsa pasar di tengah ketatnya persaingan akibat semakin banyaknya vendor baru yang muncul, seperti Xiaomi dan OnePlus. Serta akibat kembali bangkitnya beberapa vendor lama seperti HTC dan LG misalnya.

SHARE

Leave a Reply