Xiaomi Luncurkan App Store Bersekala Internasional

Xiaomi Luncurkan App Store Bersekala Internasional
Xiaomi App Store Siap Go International (foto: Phonearena)

Setelah sukses meraih berbagai keberhasilan dengan App Store miliknya di China, Xiaomi dikatakan tengah berencana untuk membuka toko aplikasinya untuk dunia Internasional. Hal ini tentunya akan memungkinkan para pengembang dari beberapa negara lain seperti HongKong, Taiwan dan Singapura dapat turut menjajarkan aplikasi buatannya di AppStore milik Xiaomi tersebut.

Saat ini, Xiaomi sendiri tercatat telah melayani hingga lebih dari 50 juta download per harinya.Angka itu termasuk untuk unduhan dari sekitar 3000 aplikasi yang dibangun untuk tablet Xiaomi Mi Pad.

Dan seperti dilansir laman AndroidAuthority (26/11/2014), baru-baru ini, Xiaomi juga dikatakan telah merayakan kesuksesan dari App Store China-nya yang mampu menembus angka 10 Miliar unduhan. Angka yang luar biasa untuk sebuah App Store yang hanya berbasis di satu negara saja. Namun bukan hanya itu, mereka juga dikatakan telah mengeluarkan dana sebesar $ 60 juta untuk membayar para pengembang. Angka-angka tersebut memang mengagumkan dan cukup masuk akan untuk menjadi alasan bagi Xiaomi untuk membuka toko aplikasinya di kancah internasional. Ditambah lagi dengan melebarnya sayap bisnis Xiaomi ke India beberapa waktu terakhir ini.

Xiaomi Luncurkan App Store Bersekala Internasional
App Store Xiaomi Capai Angka 10 Miliar Unduhan

Xiaomi tampaknya patut berterima kasih kepada Google, yang bersedia terus menahan Play Store miliknya tetap berada di luar China. Meskipun pasar China saat ini sudah terlalu besar untuk Google, dan tak menutup kemungkinan bahwa mereka akan kembali mengaktifkan Play Store di sana. Jika hal ini terjadi, maka Xiaomi dann beberapa App Store lokal lainya akans angat terancam. Bagaimana tidak, jika sudah ada yang asli, untuk apa lagi memilih pihak ketiga yang belum tentu keamanannya bukan?

Namun bagaimanapun, hal itu masih dugaan sementara. Lagi pula, belum ada kabar yang mengatakan bahwa Google akan kembali beraksi di China. Sehingga kesempatan bagi Xiaomi untuk mempertahankan posisi-nya dan terus mengembangkan sayap-pun masih terbuka lebar.

SHARE

Leave a Reply