Microsoft Clip Art Akhirnya Resmi Dimatikan

Microsoft Clip Art
Microsoft Clip Art. (Foto: JM McDowell)

Microsoft Clip Art bersama dengan koleksi gambar di office.com telah ditutup sesuai dengan pengumuman yang dibuat oleh perusahaan kemarin. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir, gambar-gambar tersebut jarang dipergunakan karena pencarian sederhana Google menyediakan alternatif yang lebih luas, lebih akurat dan pas, pengguna di seluruh dunia menyatakan nostalgia dan kekecewaan mereka atas keputusan Microsoft.

Koleksi Clip Art berawal dari sekitar 80 gambar yang menggambarkan stick-men (Screen Beans) dan jumlah gambar dasar secara mengejutkan menjadi 100.000 gambar statis dan dinamis yang didownload selama 18 tahun terakhir, melayani pengguna dari paket Office untuk presentasi kerja, sekolah dan sebagainya.

Gambar itu sendiri tidak ke mana-mana, namun pengguna dari paket Office dan masing-masing sub-program akan melihat perbedaan ketika mereka mencoba untuk memasukkan ilustrasi dari menu. Alih-alih perpustakaan citra klasik yang ditawarkan oleh Microsoft sampai sekarang, Office akan mengirimkan pelanggan untuk perusahaan mesin pencari Bing yang dibersihkan melalui sistem lisensi Creative Commons.

Sejak pengumuman, Twitter telah diisi dengan menyebutkan fitur Office yang tampaknya telah membangkitkan perasaan nostalgia untuk generasi 90-an, mengingat tahun sekolah mereka dan awal tahun 2000 presentasi. Meskipun galeri tidak memiliki catatan tentang berapa banyak penggunaan dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang mulai berbicara #RIPClipArt, memposting screenshot lama dan mengakui bahwa hal itu akan mahal terjawab.

Microsoft mengumumkan bahwa ClipArt tidak akan berpisah dari versi Office sebelumnya, namun mulai dari sekarang, tidak akan lagi menjadi bagian dari program tersebut. Database gambar tidak akan terhapus dari muka planet ini, komponennya hanya menjadi sedikit lebih sulit untuk ditemukan. Fans dan orang lain bergabung dalam ClipArt ini telah mulai memasang seluruh direktori yang berisi gambar lama dan baru dari perpustakaan Office untuk menandai akhir sebuah era.

Microsoft telah menyatakan bahwa mereka positif dan definitif tentang perubahan, mengatakan bahwa “Bing Image Search memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi yang lebih up-to-date”. Tapi Microsoft dikenal sesekali membawa kembali fitur yang telah dihentikan pada Office sehingga hanya masa depan akan memberitahu apa yang ada di toko untuk fitur program.

Leave a Reply