Setelah Jual Divisi Ponsel, Kini Nokia Bakal Jual Aplikasi Here Maps?

Setelah Jual Divisi Ponsel, Kini Nokia Bakal Jual Aplikasi Here Maps?
Nokia Here Maps Bakal Dijual? (foto: WPArea)

Setahun setelah menjual divisi ponsel milik mereka kepada Microsoft, Nokia kini dikabarkan telah kembali merencanakan untuk menjual bisnis perpetaan milik mereka, yang kini dikenal sebagai Here Maps. Dn ini mengindikasikan bahwa Nokia benar-benar akan fokus pada bisnis jaringan yang kini telah mereka perkuat.

Sebagaiamana dilansir laman Bloomberg (11/04/2015), perusahaan asal Findlandia ini kini dikabarkan telah menghubungi beberapa pembeli potensial seperti Uber, dan beberapa vendor mobil asal German. Bukan tanpa alasan ia menawarkan aplikasi ini kepada mereka, justru karena dibandingkan dengan sektor gadget yang saat ini mereka jajahi, sektor navigasi mobil dan kendaraan lainnya dinilai akan lebih kuat di masa mendatang.

Sementara itu, Bloomberg juga mengatakan bahwa hingga saat ini, evaluasi untuk aplikasi Here Maps milik Nokia ini telah mencatat nilai jual seharga $2,1 miliar. Angka ini sendiri sangat jauh jika kita bandingkan dengan harga yang dikeluarkan Nokia untuk memulai bisnis ini pada 2008 lalu. Yakni senilai $8,1 miliar, yang mana digunakan untuk mengakuisi sebuah perusahaan asal Chicago, Navteq.

Untuk saat ini, Nokia Here Maps telah tersedia secara pra-install pada setiap handset Windows Phone Lumia milik Microsoft. Dan pada tahun lalu, aplikasi ini juga tersedia untuk platform Android dan telah diunduh hingga lebih dari 2,5 juta kali. Dan tak lama berselang, aplikasi ini juga turut menyambangi iOS.

Menurut laporan Bloomberg, mereka mendapat kabar dari beberapa pihak yang cukup dekat dengan Nokia, yang mana mengatakan bahwa Nokia tidak akan menjual Here Maps, jika angka penawaran dirasa belum sesuai. Karena bagaimanapun, Nokia masih punya keyakinan kuat akan kekuatan dari Here Maps, yang mana saat inipun sudah memenuhi berbagai kebutuhan informasi untuk berbagai pihak dan layanan terkait.

SHARE

Leave a Reply