Microsoft Edge Kini Resmi Diumumkan, Browser Default untuk Windows 10

Microsoft Edge Kini Resmi Diumumkan, Browser Default untuk Windows 10
Microsoft Edge, Brower Baru Pengganti IE (foto: Microsoft)

Sekitar tiga bulan lalu, Microsoft telah mengumumkan tentang project baru mereka yang dinamai Project Spartan, yang mana bertujuan untuk menciptakan teknologi browser baru yang akan menjadi pengganti dari aplikasi browser andalan Microsoft, Internet Explorer yang saat ini sudah tamat. Dan hari ini, hasil kerja dari project tersebut telah diumumkan kepada publik dalam pembukaan dari ajang Build 2015, dengan nama Microsoft Edge.

Selain menggantikan posisi IE, aplikasi browser baru Microsoft ini bakal dijadikan sebagai aplikasi browser default yang hadir secara bawaan di perangkat bertenaga Windows 10. Yang mana akan hadir apik di setiap perangkat mulai dari Smartphone, Tablet, Laptop hingga PC Desktop.

Nah, lalu apa saja keunggulan dari Microsoft Edge ini? Sebagai penerus atau lebih tepatnya pengganti dari Internet Explorer, sudah sepatutnya jika Microsoft Edge hadir dengan fitur, performa serta kemampuan yang lebih unggul. Dan tentunnya masalah yang lebih sedikit.

Sebagaimana dilansir laman Phonearena (30/04/2015), aplikasi Browser Microsoft Edge ini akan hadir dengan tampilan yang lebih apik, serta akan dibekali dengan fiur mode Reading yang lebih baik, yang akan menyingkirkan semua gangguan, ketika pengguna sedang membaca artikel di laman website tertentu. Dan integrasi dari Cortana juga akan mempermudah ada dalam melakukan pencarian, atau untuk sekedar menanyakan sesuatu.

Dan salah satu yang paling spesial adalah kehadiran dari tampilan baru yang akan muncul, ketika pengguna membuat tab baru. Microsoft Edge bakal menampilkan laman tab baru yang dipenuhi dengan berbagai widget menarik yang akan memberikan berbagai informasi mengenai cuaca, suhu, dan lain sebagainya. Bahkan layanan Windows Store juga disematkan di layanan ini, dimana anda akan disuguhi beberapa aplikasi yang disarankan, yang mungkin ingin anda coba. Selain itu, di bagian utama juga akan ditampilkan cuplikan artikel dari situs atau laman yang paling sering anda kunjungi. Dan tentunya tampilan ini akan hadir secara Dinamis, sehingga tidak akan membuat anda jengkel.

Selain dari segi tampilan, browser baru Microsoft Edge ini juga dilengkapi dengan dukungan ekstensi seperti kebanyakan browser lainnya. Bahkan fitur ini tidak akan menyulitkan pengembang, justru akan memudahkan mereka. Karena untuk membuat sebuah ekstensi untuk Microsoft Edge ini, pengembang juga dapat memanfaatkan ekstensi yang sudah mereka buat untuk Firefox atau Chrome. Dengan hanya mengganti sedikit kodenya, maka ekstensi baru untuk Windows Edge pun akan langsung jadi.

Dalam perkenalan Microsoft Edge pada pembukaan Build 2015, pihak Microsoft telah menunjukan atau mendemokan penggunaan Microsoft Edge ini yang disertai dengan dua buah ekstensi Reddit dan Pinterest yang tampaknya berjalan lancar tanpa hambatan.

Untuk segi nama, Tampaknya Microsoft sengaja memilih nama Microsoft Edge, agar aplikasi ini tidak merubah kesan Windows yang selama ini melekat di hati pengguna, dengan icon huruf “E” di bagian bawah jendela Windows. Sehingga meski berubah nama, kesan akan browser Windows tidak akan pernah berubah, dari masa ke masa.

Leave a Reply