Dengan Windows 10, Cortana Bisa Menjelma Jadi Sosok Pria?

Dengan Windows 10, Cortana Bisa Menjelma Jadi Sosok Pria?
Cortana (foto: Xbox)

Cortana, saya yakin nama ini sudah tidak asing lagi di telinga anda. Yap, asisten virtual buatan Microsoft yang sangat dibanggakan ini kini kembali dengan kabar baru, dimana katanya, si Cortana yang cantik ini akan bisa menjelma menjadi pria di platform Windows 10 terbaru buatan Microsoft.

Hal ini baru saja diumumkan oleh Direktor Engineering Cortana sendiri, Michael Calcagano, kamis lalu. Ketka itu Calcagano mengatakan bahwa dengan Windows 10, pengguna akan diberikan kewenangan untuk mengubah gender Cortana, yang mana berarti bahwa suaranya juga akan diubah ke suara pria. “If you want a dude, we’re doing it,” ujar Calcagano sebagaimana dilansir laman Phonearena (01/05/2015).

Selain itu, Calcagao juga menambahkan, bahwa bukan cuma perubahan gender saja yang akan dibawa Cortana ini. Si asisten juga akan hadir dengan beberapa peningkatan dan fitur tambahan di platform baru Windows 10 ini. Seperti ketika ia tahu anda akan bepergian ke suatu tempat misalnya, maka ia akan menanyakan kepada anda apakah anda akan butuh layanan Uber atau tidak. Dan ketika anda menggunakan browser baru Microsoft Edge untuk belanja, maka Cortana akan menawarkan beberapa kupon yang mungkin akan berguana.

Seperti yang kita ketahui selama ini, bahwa Cortana merupakan software berbentuk asisten virtual yang bertugas untuk membantu pekerjaan kita di ponsel atau tablet bertenaga Windows. Pertama kali muncul sebagai asisten virtual, Cortana ini diberi karakter oleh Windows berupa seorang wanita cantik berambut pendek. Dan bukan itu saja, berkolaborasi dengan game Helo, Cortana kini seakan memiliki karakter dengan cerita hidup tersendiri.

Tidak berbeda dengan Asisten Virtual lainnya seperti Sara milik Apple dan Google Now milik Google, Cortana juga merupakan software biasa yang diberi fungsi untuk memberi saran atau melakukan beberapa tugas yang diberikan baik melalui media text atau suara. Namun demikian, software sejenis ini masih sangat jauh dari konsep AI seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Baik seperti asisten virtual bernama Harbie pada serial Fantastic Four atau asisten si manusia robot Iron Man.

Leave a Reply