Android Brillo, OS Khusus IoT Ini Bakal Siap Dikenalkan pada Google I/O Nanti

Google Kawin dengan LG
Google (Foto: Google)

Google tampaknya telah mulai serius dalam melirik sektor baru di pasar teknologi saat ini. Salah satunya adalah pasar Internet of Think (IoT) yang mulai populer belakangan ini. Seperti perangkat lampu otomatis, kamera pengaman dan lain sebagainya, yang hadir dengan teknologi low-end seperti kapasitas RAM yang hanya 32 MB atau 64 MB saja.

Rencana Google ini semakin menguat paska ia mengakuisi NestLabs, perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, yang dikenal melalui perangkat pintarnya berupa Smart Termostats, alarm asap dan kamera keamanan untuk penggunaan bersama perangkat smart household atau smart home lainnya.

Bahkan kini Google dikabarkan mulai merancang sebuah software (kemungkinan OS) khusus untuk perangkat ini di bawah brand Android dengan nickname Brillo. Sistem Android khusus yang bergerak di pasar Internet of Think, yang nantinya akan memungkinkan berbagai vendor untuk merilis perangkat pintar mereka sendiri mulai dari lampu pintar, kulkas pintar, bahkan toilet pintar.

Selain dari itu, alasan dari dibuatnya Android Brillo ini juga dipacu dengan keberadaan NestLabs di bawah kuasanya. Dengan banyaknya produk berotak Brillo ini, maka Google akan mendapatkan jalan yang lebih mulus untuk memahami rutinitas pengguna, bukan hanya melalui smartphone, namun juga perangkat lainnya. Dan hal ini tentunya akan memudahkan Google dalam menciptakan produk baru yang dapat benar-benar menembus dan mengenai minat dan kebutuhan pengguna.

Menurut Engadget, selain akan memungkinkan pengembang untuk memproduksi perangkat pintar mereka sendiri, OS ini juga akan tersedia gratis. Dan secara tidak langsung, akan menjadikan Google sebagai pionir dibalik perkembangan teknologi serba canggih di masa mendatang. Google diprediksi bakal mengenalkan Android Brillo ini pada ajang Google I/O di San Francisco pada tanggal 28 Mei mendatang.

Leave a Reply