Lenovo Umumkan ThinkPad 10, Pesaing Surface Pro 3 dengan Windoes 10

Lenovo Umumkan ThinkPad 10, Pesaing Surface Pro 3 dengan Windoes 10
Lenovo ThinkPad 10 (Foto: Lenovo)

Hari ini, Lenovo baru saja memperkenalkan tablet terbarunya, Generasi Kedua dari Lenovo ThinkPad 10 pada event TechWorld yang digelar di Beijing. Selain hadir sebagai suksesor dari pendahulunya, handset ini juga telah menjadi tablet pertama yang hadir dengan sistem operasi Windows 10 secara built-in. Dan selain dari kehadiran Windows 10 ini, tampaknya belum ada perubahan yang cukup signifikan pada handset ini.

Lenovo ThinPad 10 yang baru ini juga dikabarkan akan segera dijual ke pasar mulai Agustus besok, dengan banderol harga USD549 atau setara dengan Rp7,2 jutaan.

Pada dasarnya, spesifikasi yang dibawa oleh ThinkPad 10 yang baru ini cukup sama dengan ThinkPad 10 yang dirilis sebelumnya. Seperti layar 10,1 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel, dengan aspek rasio 16:10 dan kepadatan layar mencapai 224 ppi. Desain yang dibawanya juga tampak tidak terlalu berbeda, dari desain dasar lini handset Lenovo ThinkPad pada umumnya.

Adapun untuk ruang pacunya, handset ini mengandalkan performa dari dua chipset berbeda, yakni chipset Intel Atom Z8500 Quad-core 1,44 GHz – 2,24 GHz, serta Intel Atom Z8700 quad-core 1,6 GHz – 2,6 GHz. Keduanya merupakan prosesor Cherry Trail 64-bit yang dibangun dengan proses 14nm khas Intel. Dan keduanya juga sama-sama menggunakan GPU Intel generasi ke-8.

Sementara untuk memory, Tablet Windows 10 ini juga hadir dalam dua pilihan memory. Mulai dari pilihan RAM berukuran 2GB dan 4GB. Hingga kapasitas simpan berukuran 64GB dan 128 GB.

Dan untuk spesifikasi lainnya, handset ini dibekali dengan kamera utama 5MP dengan LED Flash dan 1,3MP kamera depan, Konektifitas LTE, slot microSD, serta baterai 32Wh yang diklaim Lenovo mampu bertahan hingga 10 jam lamanya.

Dan selain dari spesifikasi tersebut, Lenovo juga menawarkan beberapa aksesoris menarik yang mampu menyulap tablet ini menjadi notebook mid-range, seperti keyboard Ultrabook, stylus, dock dan sepasang casing tentunya.

Dan jika kita perhatikan sekali lagi, spesifikasi yang dibawa Lenovo ThinkPad 10 baru ini cukup sama dan sangat identik dengan tablet Microsoft Surface Pro 3. Sehigga pantas rasanya jika handset ini dikatakan sebagai pesaing dari Surface Pro 3. Adapun beberapa hal yang membedakan kedua handset ini diantaranya adalah ukuran layar Surface Pro 3 yang hanya 8 inci saja, dengan aspek rasio 3:2 dan Windows 8.1 sebagai OS bawaannya.

Leave a Reply