Samsung Kembali Taklukan Pasar Smartphone Global di Q1 2015 ini

Samsung Kembali Taklukan Pasar Smartphone Global di Q1 2015 ini
Samsung (Foto: Davianart)

Setelah kalah oleh Apple di kuartal 4 2014 lalu, Samsung kini kembali bangkit dan berhasil menduduki posisi puncak sebagai vendor smartphone terkemuka di dunia pada periode kuartal 1 tahun 2015 ini. Hal ini didasarkan pada informasi terbaru yang dirilis oleh perusahaan riset pasar Gartner.

Samsung kini tercatat telah menjual hingga lebih dari 81,1 juta smartphone di kuartal pertama saja. Meninggalkan Apple yang masih tertinggal jauh dengan angka 60,1 juta unit. Namun dibalik peningkatan pesat ini, Samsung justru kehilangan pangsa di pasar rumahnya sendiri, Korea selatan. Dimana pangsanya kini turun jadi 24,2% saja, dari angka 30,4% yang sempat berhasil diraihnya tahun lalu.

Q1 Smartphone Global

Sementara itu, keadaan yang sebaliknya malah terjadi di China. Dimana Apple justru sukses menggulingkan sang raja lokal, Xiaomi pada kuartal pertama 2015 ini. Dengan pangsa pasar yang meningkat dari 15,3% di kuartal sebelumnya, menjadi 17,9%. Sementara itu Lenovo, Huawei dan LG masing masing memiliki pangsa 5,9%, 4,8% dan 4% saja.

Q1 Smartphone China

 

Itu baru pasar hardware. Untuk software sendiri, Android masih bertahan kuat di puncak, dengan iOS di posisi kedua dan Windows di posisi ketiga serta BlackBerry di posisi akhir. Namun demikian, selain iOS, semua OS Mobile tersebut mengalami penurunan pangsa pasar yang cukup berarti.

SHARE

Leave a Reply