Akui Xperia Z3+ Kena Overheat, Sony Janjikan Perbaikan

Akui Xperia Z3+ Kena Overheat, Sony Janjikan Perbaikan
Sony Xperia Z3+(Foto: Sony)

Sejak beberapa waktu lalu, Anda mungkin telah mendengar kabar tentang masalah overheat yang kerap dialami chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 810. Kabar ini jelas merupakan pukulan berat bagi Qualcomm, mengingat bahwa Snapdragon 810 merupakan chipset andalan mereka saat ini, yang diklaim sebagai chipset tercanggih dari Qualcomm.

Namun bukan cuma Qualcomm yang kena dampaknya. Beberapa vendor kelas kakap juga turut terancam. Karena mereka telah mempercayakan nasib flagship andalan mereka, di tangan Snapdragon 810 untuk hal performa.

Tapi sekali lagi, kabar ini kembali dianggap sebagai kabar burung belaka. Setidaknya hingga beberapa waktu lalu, sebelum Sony merasakan dampak dari hal ini. Benar, flagship teranyar Sony, Xperia Z3+ menjadi slah satu korban pertama atas masalah overheating pada chip Qualcomm Snapdragon 810 ini. Beberapa saat lalu, sejumlah pengguna Xperia Z3+ melontarkan keluhan mereka, atas masalah yang terjadi di smartphone satu ini.

Akui Xperia Z3+ Kena Overheat, Sony Janjikan Perbaikan

Mereka mengaku, bahwa ponsel mereka tiba-tiba menjadi panas setelah mereka menggunakan fitur kamera, atau memainkan game yang membutuhkan tenaga ekstra di sektor grafisnya. Handset Xperia Z3+ ini tiba-tiba panas bagian punggungnya, dan seketika pula aplikasi atau game yang tengah dijalankanpun langsung mati secara tiba-tiba. Pengguna juga mengaku melihat sebuah pesan eror, sebelum aplikasi tersebut dimatikan paksa oleh sistem.

Pada awalnya, Sony sempat menepis kabar ini. Namun setelah salah satu media asal Belanda melakukan uji coba, dan terbukti, Xperia Z3+ ini mengalami overheating, pihak Sony pun tampaknya mulai mengambil tindakan.

Pertama mereka memperingatkan para pengguna untuk sementara waktu ini mengurangi penggunaan berlebih pada ponsel mereka. Dan untuk jaga-jaga, lebih baik matikan dulu ponsel, hingga update software baru resmi dirilis Sony. Yap, Sony kini mengaku tengah mempersiapkan sebuah update baru untuk mengatasi hal ini.

Update ini sendiri kemungkinan hanya berupa throtle, yang akan membatasi kinerja CPU dan GPU dengan lebih agresif. Sehingga akan mencegah CPU dan GPU untuk mencapai tingkat kinerja tertinggi. Hal ini memang jelas akan mengurangi kemungkinan untuk terjadinya overheating, namun dengan catatan bahwa hal ini juga akan mengurangi performa perangkat tersebut.

Leave a Reply