Fairphone 2, Smartphone Modular Calon Pesaing dari Project Ara Google

Fairphone 2, Smartphone Modular Calon Pesaing dari Project Ara Google
Fairphone2

Sebelumnya, di Google I/O kita sempat menyaksikan ketika Google memperkenalkan smartphone modular miliknya, yang cukup fenomenal, Project Ara. Tidak dapat dipungkiri, bahwa Project Ara ini merupakan salah satu smartphone fenomenal yang amat ditunggu kehadirannya.

Alasannya sebenarnya cukup simpel. Yakni konsep modular yang diterapkan Google pada smartphone ini. Dimana setiap hardware dipaketkan dalam kepingan modul-modul kecil, yang dapat dipasang dan dilepas kapanpun dan dimanapun dengan mudahnya sesuai keinginan pengguna.

Nah, jika bicara lagi soal ponsel modular, maka saat ini pilihan untuk model ini tidak lagi terbatas hanya pada Project Ara saja. Kita juga mengenal Fairphonr 2 saat ini. Sebuah smartphone gaya yang menggunakan konsep yang sedikit mirip dengan Project Ara.

Namun berbeda dengan ponseel Lego yang bisa dibongkar pasang sesuka hati seperti Project Ara, Fairphone 2 ini sedikit sulit untuk dibongkar. Setidaknya akan perlu obeng untuk membongkarnya. Namun demikian, handset ini memiliki komponen internal yang sudah dipaketkan dalam beberapa bagian, seperti Project Ara. Sehingga untuk mengganti komponeennya, seperti kamera misalnya, akan lebih mudah dan tidak sesulit mengganti komponen di smartphone biasa.

Fairphone 2 ini juga dilapisi dengan pelindung yang berperan ganda sebagai casing. Namun casing ini sendiri akan dapat dilepas dan diganti dengan mudah. Dan untuk kekuatan, ia mampu bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter. Sehingga anda tidak perlu khawatir handset anda akan amburadul ketika jatuh.

Secara kasar, Fairphone 2 ini bakal hadir dengan ketebalan body mencapai 11 mm dan akan hadir dengan spesifikasi stanar yang cukup memukau. Seperti chipset Qualcomm Snapdragon 801, 2GB RAM, 32GB ruang simpan internal, fitur dual-SIM, kamera utama 8MP dan baterai removeable berkapasitas 2420 mAh.

Karena tidak ada kabar terkait kerja sama pihak produsen dengan vendor lain, tampaknya handset ini hanya bakal bisa diupgrade hardwarenya dengan hardware buatan pabriknya sendiri. Bahkan kedepannya, pihak perusahaan menjanjikan untuk menyediakan komponen tambahan seperi fitur kamera yang lebih baik dan kemampuan NFC juga.

Hingga saat ini masih belum jelas di mana saja Fairphone 2 ini bakal dipasarkan. Apakah akan keluar dari Eropa atau tidak. Dan sementara ini, Firephone 2 baru tersedia di eropa dengan harga EUR535 atau setara dengan Rp.7,8 jutaan.

Fairphone 2, Smartphone Modular Calon Pesaing dari Project Ara Google

Leave a Reply