Xiaomi Bakal Singkirkan Charger Kit Dari Box Ponsel Baru Mereka

Xiaomi Bakal Singkirkan Charger Kit Dari Box Ponsel Baru Mereka
Xiaomi Unboxing (Foto: Fonearena)

Belakangan ini Xiaomi telah mengumumkan akan rencananya untuk memangkas harga ponsel mereka, Mi4 untuk versi 16 GB. Pemotongan harga ini sendiri tampaknya berpengaruh terhadap kelengkapan dari paket smartphone yang bakal dijual Xiaomi.

Sebuah pernyataan yang cukup menghebohkan datang dari sang CEO Xiaomi, Lei Jun yang mengatakan bahwa Xiaomi akan menghilangkan charger kit dari paket penjualan handset Xiaomi mendatang. Yang mana artinya, setiap pembelian handset Xiaomi, pengguna tidak akan mendapatkan charger sama sekali. Dan jika memang memerlukan charger, mau tak mau pengguna harus membeli charger origilan Xiaomi secara terpisah.

Dalam penuturannya, pihak Xiaomi sama sekali tidak menyinggung soal pemotongan harga jual. Mereka justru menggunakan kesehatan lingkungan sebagai alasan. Xiaomi mengangkat sebuh topik menarik di kalangan masyarakat, terkait menggeludaknya angka pembelian smartphone di dunia saat ini. Hal ini jelas juga membuat persediaan aksesoris smartphone yang tidak ramah lingkungan turut menumpuk. Seperti charger Kit misalnya.

Di setiap rumah, diketahui penghuni rumah biasanya sudah punya satu atau dua buah charger sebelum membeli ponsel, yang mana mereka dapatkan ketika membeli ponsel sebelumnya. Nah, dengan membeli ponsel baru, jumlah charger di rumah juga akan turut meningkat. Hal ini jelas buruk bagi lingkungan, karena membiarkan sampah elektronik berbahaya menumpuk begitu saja. Padahal, penghuni rumah biasanya hanya menggunakan satu atau dua charger saja untuk melakukan pengisian.

Charger original milik Xiaomi sendiri biasanya dijual dengan label harga senilai CNY19,9 atau setara dengan Rp40 ribuan. Namun ada sebuah masalah yang timbul belakangan. Yakni keberadaan dari fitur quick charge, yang biasanya membutuhkan charger kit khusus, yang sudah dipasang pada charger bawaan ponsel. Dengan tidak adanya charger bawaan ini, berarti konsumen juga perlu merogoh kocek lebih dalam lagi, untuk menikmati pengisian cepat.

SHARE

Leave a Reply