Konfirmasi Rumor, Sony Bilang Takan Jual Bisnis Smartphone Miliknya

Seri N
Sony Xperia Z2

Masih ingatkah anda akan rumor yang beredar, tentang rencana penjualan divisi mobile Sony sebelumnya? Yap, rencana ini ternyata tidaklah benar sama sekali. Dalam sebuah wawancara khusus, sang CEO Sony Hiroki Totoki dengan tegas membantah kabar tersebut, dan menyatakan bahwa mereka “tidak akan pernah keluar dari bisnis smartphone, dan tidak akan pernah menjual divisi Mobile miliknya.”

Kabar terkait penjualan divisi mobile Sony ini sendiri berkaitan dengan tindak tanduk Sony beberapa waktu belakangan ini. Terutama setelah Sony mengalami kerugian yang cukup signifikan sepanjang tahun 2014 kemarin. Sehingga Sony terpaksa harus menjual beberapa aset berharganya, seperti saham Ericsson di tahun 2012 dan dijualnya divisi VAIO pada vendor lain belum lama ini.

Hal inilah yang mendasari munculnya spekulasi, bahwa lambat laun Sony juga akan menyerah untuk bertarung di pasar mobile, dan merelakan Sony Mobile dimiliki perusahaan lain.

Mr. Totoki mengungkapkan, bahwa pihak Sony akan berjuang sekeras mungkin untuk mempertahankan posisi mereka di pasar smartphone, sehingga tidak perlu dilakukan pelelangan segala. Dan dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Sony bakal melakukan berbagai tindakan penghematan, mulai dari pemangkasan anggaran hingga 30%, hingga pengurangan jumlah tenaga kerja (karyawan).

Sang eksekutif juga menyatakan, bahwa dalam rangka mempertahankan diri di tengah persaingan pasar saat ini, pihak Sony akan memfokuskan divisi mobile mereka dalam memberikan pengalaman superior kepada pengguna. Dan menjaganya sebagai poin unggul mereka. Mereka juga akan mulai merilis beberapa ponsel canggih yang dapat diandalkan, berbalut teknologi super canggih yang terbaru di kelasya. Mulai dari layar, kamera hingga kualitas audio.

Leave a Reply