Factory Image Android 6.0 Marshmallow untuk Handset Nexus Sudah Tersedia Secara Resmi

Factory Image Android 6.0 Marshmallow untuk Handset Nexus Sudah Tersedia Secara Resmi
Android Marshmallow untuk Nexus (Foto: TechnoBufallo)

Google telah mengumumkan secara resmi, bahwa mereka akan merilis OS Android 6.0 Marshmallow minggu ini. Dan hal ini sudah dimulai oleh Google sendiri dengan merilis sejumlah factory image untuk perangkat Nexus yang bakal menerima update ini. Dan file image tersebut juga nampaknya sudah cukup lengkap dan tersedia untuk sejumlah ponsel Nexus yang memang akan mendapatkan update.

Factory image ini sendiri muncul di situs resmi Google untuk Developer, dimana Anda juga akan menemukan panduan langkah-langkah untuk melakukan flashing ponsel Nexus Anda di sana. Namun perlu diingat pula, meski tergolong lebih cepat, cara ini cukup beresiko karena akan menghapus beberapa data penting di ponsel Anda.

Adapun factory image yang muncul di situs tersebut tidak selengkap dugaan kita. Yang mendapatkan factory image ini diantaranya hanya ponsel LG Nexus 5, Motorola Nexus 6, Asus Nexus 7 (2013), HTC Nexus 9 dan Asus Nexus Player saja. Sayangnya, selain dari ponsel-ponsel tersebut, perangkat lain yang lebih tua tidak akan mendapatkan update ini. Sementara itu, dua ponsel Google Nexus terbaru, yakni LG Nexus 5X dan Nexus 6P dari Huawei akan hadir dengan OS Android Marshmallow secara pra-install.

Factory Image Android 6.0 Marshmallow untuk Handset Nexus Sudah Tersedia Secara Resmi

Dan dengan munculnya factory image resmi ini, diharapkan pihak Google segera meluncurkan update dengan jalur Over the Air (OTA) sesegera mungkin. Karena hanya metode ini sajalah, yang dapat digunakan untuk mengupdate handset Android tanpa harus kehilangan data dan aplikasi kesayangan kita. Meski pada umumnya, update melalui jalur OTA ini terbilang cukup lamban dan membutuhkan kesabaran lebih dibandingkan dengan metode flashig dengan flashing image yang disediakan Google.

Leave a Reply