Keamanan iOS Terancam oleh YiSpecter, Malware yang Sangat Merepotkan

Keamanan iOS Terancam oleh YiSpecter, Malware yang Sangat Merepotkan
Apple iPhone 6 Plus (Foto: NDTV)

Sebagian pengguna dan konsumen iOS beranggapan bahwa handset Apple iPhone dan iPad yang mahalnya minta ampun sangatlah aman dan terlindungi dari berbagai gangguan malware dan keamanan. Namun apakan semua itu benar? Benaran bahwa iOS dapat melindungi data pengguna dari setiap tangan jahil yang mencoba usil?

Tampaknya hal ini tidaklah 100% benar. Karena belakangan ini, diketahui bahwa sebuah malware yang sangat berbahaya dan merepotkan tengah membayangi para pengguna perangkat iOS di China dan taiwan, bahkan di wilayah Asia bisa dikatakan. Dan hal ini tampaknya telah mematahkan klaim bahwa perangkat iOS lebih aman dari Android. Buktinya, sebuah malware bernama YiSpecter kini diketahui telah menginfeksi sejumlah perangkat Apple di wilayah Asia.

Menurut perusahaan keamanan Cyber Palo Alto Networks, YiSpecter ini sangatlah merepotkan. Ketika ia sudah sampai di handset Apple dan mendarat di system iOS, ia akan siap mengobrak-abrik ponsel pribadi Anda, mulai dari mengunduh aplikasi tertentu yang dipenuhi dengan iklan, hingga mengacak-acak Safari Browser dan mengupload data sensitif di ponsel Anda tanpa meminta izin pengguna.

Menurut penyelidikan, malware ini sebenarnya menyusup denngan cara yang terbilang sederhana, karena kebodohan pengguna sendiri. YiSpacter menyusup melalui sebuah aplikasi palsu atau aplikasi tiruan dari QVOD, sebuah aplikasi pornografi resmi di China yang telah ditutup setelah kantornya diciduk polisi tahun lalu. Hal ini mengakibatkan pengguna mencari solusi lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dan salah satunya adalah menggunakan aplikasi tiruan yang tanpa disangka telah disemati malware YiSpecter di dalamnya.

Dan perlu Anda ketahui juga, bahwa malware bernama YiSpecter ini akan dapat menginfeksi perangkat iOS mana saja yang dia singgahi. Tidak perduli apakah perangkat tersebut sudah dijailbreak atau tidak. Dan hal ini jelas sangat berbahaya.

Untuk sementara ini, pihak Apple menyarankan pengguna untuk tidak mengunduh dan memasang aplikasi sembarangan. Mereka meminta konsumen untuk menggunakan layanan resmi iTunes yang sudah terjamin keamanannya. Dan untuk perbaikan, pihak Apple mengungkapkan bahwa update iOS 9 yang baru saja dirilis sudah akan mampu mengatasi hal iin. Dengan catatan bahwa pengguna tidak melakukan kesalahan yang sama dengan menginstall aplikasi yang tidak jelas lagi.

SHARE

Leave a Reply