Dikritik #FreeTheNipple, Instagram ‘Nunjuk’ Apple

Dikritik #FreeTheNipple, Instagram 'Nunjuk' Apple
Instagram (Foto: Marketingland.com)

Instagram baru saja mendapat kritikan yang cukup pedas dan ganas dari hashtag #FreeTheNipple. Hal ini tidak lain merupakan tindakan protes dan ekspresi kemarahan dari para pengguna Instagram yang foto miliknya dihapus begitu saja dari akun Instagram mereka.

Sebenarnya bukan Instagram yang salah, karena berbagai foto yang dihapus dari jejaring sosial tersebut merupakan foto-foto seksi yang memperlihatkan bagian intim seorang wanita. Yakni bagian puting payudara. Namun meski tidak terlalu salah, pihak Instagram merasa cukup tertekan, karena sejumlah aktris populer Hollywood seperti Rihanna, Cara Delevigne, Chrissy Teigen dan Miley Cyrus juga mendukung tindakan protes ini.

Dalam rangka ‘ngeles’, pihak Instagram menjelaskan bahwa tindakan ini bukanlah semata-mata keinginan mereka. Melainkan karena keterikatan Instagram dengan sejumlah pihak yang membuat mereka tidak dapat melonggarkan aturan yang berkaitan dengan pornografi tersebut. Sebagaimana diketahui, bahwa Instagram merupakan aplikasi publik dengan rating usia diatas 12 tahun. Yang artinya bahwa ada banyak sekali anak-anak di bawah umur yang menggunakan aplikasi ini. Dan jika mereka tidak menindak hal seperti, maka aplikasi Instagram akan dicopot dari iTunes, toko aplikasi milik Apple.

Jika masih berisi kerang ingin menghapus kebijakan sensor tersebut, maka para aktris Hollywood itu harus meminta Apple untuk menaikkan rating usia menjadi 17+. Yang artinya, membuang hampir dari separuh pengguna iTunes dan memotong sumber penghasilan mereka. Jelas hal ini tidak akan mungkin untuk dilakukan.

Sebenarnya di sini Apple maupun Instagram sama sekali tidaklah salah. Konsumen Apple dan Instagram kebanyakan adalah kalangan umum dengan sebagian besar merupakan anak-anak di bawah umur. Menampilkan foto-foto fullgar ada anak di usia demikianlah yang justru merupakan tindakan kriminal.

SHARE

Leave a Reply