Apple ‘Ngaku’ Telah Atasi Masalah YiSpecter pada Handset iOS

Apple 'Ngaku' Telah Atasi Masalah YiSpecter pada Handset iOS
Apple iPhone iOS (Foto: Knowyourmobile.com)

Belakangan ini, pengguna iOS di seluruh dunia telah dibuat risau, khawatir dan gelisah dengan keberadaan dari malware berbahaya bernama YiSpecter yang diungkap oleh perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Cyber Palo Alto.

Menanggapi hal tersebut, Apple selaku pembuat iOS mulai angkat bicara untuk mengkonfirmasi kabar tersebut. Apple mengatakan bahwa malware ‘YiSpecter’ ini hanya berdampak pada OS iOS versi lama, bukan versi baru seperti iOS 8.4 yang saat ini banyak digunakan pengguna. Selain itu, Apple juga mengaku telah memperketat keamanan pada iOS 8.4 dan memblokir aplikasi serta berbagai sumber terkait aplikasi tersebut yang bisa membahayakan sistem iOS sendiri.

Apple juga turut mengungkapkan, bahwa yang salah pada kasus ini bukan hanya pihak pembuat malware. Namun juga pengguna yang telah ceroboh mengunduh aplikasi dari sembarang sumber. Padahal selama ini Apple telah dengan begitu ketat memperingati pengguna untuk tidak melakukan hal tersebut.

Dan untuk menghindari terjangkitnya perangkat Apple dari malware bernama YiSpecter ini, pihak Apple juga meminta pada para pengguna untuk memperbaharui OS mereka dengan versi terbaru sesegera mungkin.

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa malware YiSpecter ini berasal dari sebuah aplikasi tiruan dari aplikasi QVOD. Aplikasi jejaring sosial tempat berbagi video dewasa yang tahun lalu ditutup paksa di China karena melanggar hukum.

SHARE

Leave a Reply